Belum Jual Mobil Listrik, Honda Bakal Luncurkan HR-V Hybrid di GIIAS 2024?

Sabtu, 02 Maret 2024 - 12:38 WIB
loading...
Belum Jual Mobil Listrik, Honda Bakal Luncurkan HR-V Hybrid di GIIAS 2024?
HR-V hybrid mungkin bakal jadi opsi yang menarik bagi konsumen di rentang harga Rp700 jutaan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) memilih untuk menahan diri menjual mobil listrik di Indonesia. Untuk melengkapi model elektrifikasi, produsen asal Jepang itu menawarkan mobil hybrid sebagai solusi mobilitas ramah lingkungan.

Sekadar informasi, saat ini Honda memasarkan CR-V HEV dan Accord HEV di Indonesia yang diluncurkan tahun lalu. Tak puas sampai situ, mereka dikabarkan bakal membawa model mobil hybrid terbaru untuk pasar Tanah Air dalam waktu dekat.

Rumor yang beredar bahwa model mobil hybrid terbaru yang akan dibawa Honda ke Indonesia adalah HR-V. Secara global, mobil tersebut sudah resmi dipasarkan dan dapat menjangkau segmen di bawah CR-V.

Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, belum mau berbicara banyak soal model mobil hybrid baru yang akan dibawa Honda. Meski ia mengakui bahwa HR-V menjadi mobil yang paling disukai oleh calon konsumen.

“Enggak bisa ngomong sekarang. Dulu ada survei tahun lalu, mobil yang paling membahagiakan itu adalah HR-V,” kata Billy kepada wartawan di Jakarta Pusat, Kamis (29/2/2024).

Billy menegaskan untuk memasarkan suatu produk di sebuah negara harus melewati rangkaian panjang. Hal ini dilakukan untuk memastikan produk tersebut diterima dengan baik oleh masyarakat sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Terlebih, saat ini seluruh model mobil hybrid Honda masih diimpor langsung dari luar negeri alias CBU. Jika diproduksi di dalam negeri, secara volume dan hitung-hitungan dikatakan Billy harus masuk dengan nilai investasi yang dikucurkan.


“Saya bilang kalau ekspansi itu pasti harus volume maker. Soalnya kan mempertimbangkan depresiasi, kalau tidak volume maker harganya nanti tidak bersaing. Tidak mencapai skala ekonomi,” ujarnya.

Kehadiran HR-V hybrid di Indonesia sangat penting bagi Honda untuk mengisi ceruk yang masih kosong. Pasalnya, saat ini mobil hybrid Honda bermain di segmen atas, seperti CR-V HEV yang dijual mulai Rp800 jutaan, dan Accord HEV dibanderolRp900jutaan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2306 seconds (0.1#10.140)