Spesifikasi Harley-Davidson LiveWire One, Moge Listrik Rp1,5 Miliar yang Dibeli Dishub DKI Jakarta

Jum'at, 08 Maret 2024 - 14:38 WIB
loading...
Spesifikasi Harley-Davidson LiveWire One, Moge Listrik Rp1,5 Miliar yang Dibeli Dishub DKI Jakarta
Moge listrik HD LiveWire One yang dibeli oleh Dishub DKI Jakarta dengan total nilai Rp6,3 miliar sebanyak 5 unit. Foto: Antara
A A A
JAKARTA - Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta baru saja pamer kendaraan listrik baru. Yakni, 5 unit motor listrik dengan nilai pagu mencapai Rp 6.354.750.000 (6,3 miliaran). Motor listrik itu adalah Harley-Davidson LiveWire One.

Hal itu terlihat di situs resmi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Paket yang diajukan Dishub DKI Jakarta terdaftar dengan nama Pengadaan Kendaraan Dinas Operasional Lapangan Khusus Sepeda Motor Listrik Pengawalan Pimpinan VVIP.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan bahwa Dishub DKI Jakarta akan memborong moge listrik untuk keperluan pengawalan.

Pihaknya berencana menambah 10 unit moge listrik untuk pengawalan Gubernur. Sebelumnya, Dishub DKI memiliki mengadakan 186 motor listrik untuk petugas lapangan.

“Ukuran motor listrik ini besar, jadi digunakan untuk pengawalan,” beber Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo. Moge listrik HD LiveWire One milik Dishub itu sudah diubah menggunakan kelir putih serta stiker Dishub.

Spesifikasi Harley-Davidson LiveWire One milik Dishub DKI Jakarta
Spesifikasi Harley-Davidson LiveWire One, Moge Listrik Rp1,5 Miliar yang Dibeli Dishub DKI Jakarta

Harley-Davidson LiveWire One adalah motor andalan pertama HD untuk bersaing di kendaraan listrik. Konsep pertamanya sudah dirilis pada 2014, dan sudah mulai dijual secara umum pada 2018.

Moge tersebut memiliki tenaga 105 HP dan torsi 117 Nm, disalurkan ke roda belakang lewat belt khas motor Harley-Davidson. Kapasitas baterai Lithium-Ion 15,5 kWh. Dalam sekali pengisian baterai, motor bisa melaju hingga 200-an km.

Sebelumnya, HD LiveWire One pernah dibawa langsung oleh diler Two Wheelers dari Glamour Auto Boutique. Tidak tanggung-tanggung, harga per unitnya mencapai Rp1,5 miliar.



Desain LiveWire One memang terlihat sangat modern dan bahkan berbeda dengan karakter Harley-Davidson yang klasik. Sasisnya memakai model roadster, dengan model tangki teardrop, serta model lampu utama yang dipoles fairing kecil.

Namun, kemampuan motor ini sangat buas. Sebab, LiveWire bisa melesat dari 0 sampai 100 kilometer per jam dalam hitungan3detiksaja.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)