Hasil Riset Terbaru, Mobil Listrik Ternyata Hasilkan Banyak Emisi Beracun

Sabtu, 09 Maret 2024 - 09:41 WIB
loading...
Hasil Riset Terbaru, Mobil Listrik Ternyata Hasilkan Banyak Emisi Beracun
Mobil listrik Tesla model 3. (Foto: Reuters)
A A A
JAKARTA - Mobil listrik disinyalir melepaskan lebih banyak emisi beracun daripada kendaraan konvensional. Hal ini berdasarkan kajian pada tahun 2022 tetapi mulai beredar lagi setelah disebut dalam sebuah opini di Wall Street Journal.

Studi tersebut menemukan bahwa rem dan ban mobil listrik melepaskan 1.850 kali lebih banyak materi partikulat dibandingkan dengan knalpot mobil yang memiliki filter untuk mengurangi emisi.

Studi ini menemukan bahwa kendaraan listrik lebih berat rata-rata 30 persen daripada mobil bertenaga bensin, yang menyebabkan rem dan tapak ban aus lebih cepat daripada mobil standar dan melepaskan partikel-partikel kecil, seringkali beracun, ke atmosfer.

Dilansir dari Daily Mail, Sabtu (9/3/2024), Hesham Rakha, profesor di Virginia Tech, mengatakan bahwa studi ini hanya 'sebagian benar' karena meskipun kendaraan listrik lebih berat, ban mereka akan melepaskan lebih banyak mikroplastik ke udara, tetapi ini juga bisa benar untuk sedan versus SUV.



Rakha mengatakan sangat sulit untuk menentukan perbedaan antara jumlah mikroplastik yang dikeluarkan dari tapak ban kendaraan listrik dan kendaraan bertenaga bensin karena harus memisahkan mikroplastik yang sudah ada di udara dari sumber lain dengan apa yang keluar dari ban.

Rakha dan timnya di Virginia Tech sedang melakukan uji lapangan untuk menentukan seberapa banyak mikroplastik yang dikeluarkan dari mobil listrik dan mobil konvensional dengan menggunakan simulator lalu lintas yang akan meniru setting perkotaan.

Dia menambahkan kemungkinan besar tidak akan ada perbedaan besar antara mobil listrik dan mobil bertenaga bensin. Diperkirakan perbedaannya sekitar 20 persen. "Ini tidak berarti bahwa orang harus menjauh dari mobil listrik karena 'lebih efisien tergantung emisi nol,' kata Rakha. Dia menambahkan catatan bahwa mobil listrik juga menghasilkan banyak CO2 saat mengisi daya kendaraan.

Baterai mobil listrik beratnya sekitar 453 Kg dan dapat menghasilkan emisi ban yang hampir 400 kali lebih banyak daripada emisi knalpot. Polusi partikel dapat meningkatkan masalah kesehatan termasuk penyakit jantung, asma, penyakit paru-paru, dan dalam kasus ekstrem, dapat menyebabkan rawat inap, kanker, dan kematian prematur.

Mobil bertenaga bensin baru diciptakan untuk menjadi 'lebih bersih,' dengan memperbarui trim mesin pembakaran internal untuk memasukkan filter partikulat yang mengurangi emisi. Peningkatan berat mobil listrik karena baterai lithium-ion menyebabkan ban aus lebih cepat, akhirnya menghasilkan lebih banyak emisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7810 seconds (0.1#10.140)