Lebih Ramah Lingkungan, Hybrid Bisa Jadi Solusi di Tengah Tantangan EV

Senin, 11 Maret 2024 - 09:35 WIB
loading...
Lebih Ramah Lingkungan, Hybrid Bisa Jadi Solusi di Tengah Tantangan EV
Prius Prime menjadi andalan Toyota untuk berjualan mobil yang menggunakan baterai di Amerika Serikat. Foto: Reuters
A A A
AMERIKA - Sebuah laporan dari American Council for an Energy Efficient Economy menunjukkan plug-in hybrid Toyota , Prius Prime SE, adalah kendaraan yang paling tidak berpolusi di jalanan Amerika, menurut peringkat 2024, bahkan dibandingkan dengan EV.

Itu karena kombinasi beberapa faktor, termasuk bobot dan bentuk Prius, yang membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien. Prius Prime adalah kendaraan "jagoan" bagi Toyota karena mendukung visi perusahaan tentang masa depan, di mana konsumen memiliki pilihan antara EV dan hibrida yang lebih canggih ini.

"Seiring waktu, EV jelas lebih baik jika Anda melihat siklus hidup mereka secara keseluruhan, tetapi tantangannya saat ini adalah harga EV jauh lebih mahal dan orang belum tentu mampu membelinya. Jumlah kendaraan tersebut yang dapat berada di jalan dalam waktu dekat akan jauh lebih sedikit," kata Sam Abuelsamid, analis riset e-mobilitas utama di perusahaan intelijen pasar Guidehouse Insights.

Dari 14,5 juta mobil yang dibeli orang Amerika tahun lalu, hanya sekitar 1 juta yang merupakan EV, kata Abuelsamid.

Itu berarti ada jutaan orang yang mungkin tidak mampu membeli EV tetapi berpotensi membeli mobil hybrid, katanya. Dan tetap saja itu berarti lebih sedikit polusi iklim di jalan secara keseluruhan.

"Saat ini, karena tantangan rantai pasokan bahan dan masalah keterjangkauan EV secara umum, sebenarnya kita dapat memiliki dampak (iklim) keseluruhan yang lebih besar dengan menjual lebih banyak lagi mobil hybrid dibanding jumlah EV yang bisa kita jual hari ini," tambahnya.

Mobil listrik sepenuhnya tidak akan benar-benar jadi "hijau" sampai energi yang digunakan untuk mengisi daya mereka berasal dari sumber terbarukan, seperti angin dan matahari.



Untuk saat ini, seberapa besar sebuah mobil berpolusi selama penggunaan sehari-hari tergantung pada lokasinya.

Mengendarai EV di California hampir lima kali lebih bersih dalam hal polusi karbon daripada mobil hybrid karena sekitar setengah dari listrik negara bagian tersebut dihasilkan dari energi terbarukan dan nuklir.

Bahkan dibandingkan dengan hybrid plug-in, EV memancarkan polusi 2,8 kali lebih sedikit di California.

Tetapi di Virginia Barat, di mana 90% listrik dihasilkan dari batu bara, EV hanya sedikit lebih bersih daripada kendaraan hybridatauplug-in.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)