Susi Air vs Kereta Cepat: Adu Cepat dan Murah Jakarta-Bandung

Selasa, 26 Maret 2024 - 10:55 WIB
loading...
Susi Air vs Kereta Cepat: Adu Cepat dan Murah Jakarta-Bandung
Naik pesawat atau naik kereta dari Jakarta ke Bandung, mana sebenarnya yang lebih cepat dan murah? Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan perbandingan antara menggunakan pesawat Susi Air dan kereta cepat Whoosh, rute Jakarta-Bandung. Dikatakan perjalanan dengan pesawat jauh lebih cepat dan murah. Benarkah?

Video tersebut diunggah oleh akun X (Twitter) @Sulaya_tweet, di mana dijelaskan bahwa menggunakan pesawat Susi Air rute Jakarta-Bandung hanya dikenakan tarif Rp500 ribu.

Sedangkan menggunakan kereta cepat Whoosh dikenakan tarif Rp700 ribuan.

“Naik Kereta Cepat Whoos Rute Jkt – Bdg Tiket Rp700rban Durasi prjalanan 1 jam Pmberhentian di stasiun Tegalluar kab.Bdg. Trsisa 17,4km dr kota Bdg. Naik Susi Air Rute Jkt – Bdg Tiket 500rban Durasi prjalanan 20 menit Turun di bndara kota Bdg,” tulis keterangan unggahan video tersebut.

Namun, dalam informasi yang disampaikan dalam video tersebut tidak disebutkan tarif tiket kereta cepat Whoosh.

Hanya saja, perekam membandingkan tarif pesawat Susi Air rute Jakarta-Bandung dengan tiket first class kereta cepat.

“Jakarta ke Bandung naik pesawat. Mari kita coba naik Susi Air dari Bandara Halim Perdana Kusima Jakarta ke Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Waktu check in gak cuma barang kita yang ditimbang, tapi kitanya juga harus naik timbangan buat tahu berat totalnya. Di Bandara Halim, Susi Air punya lounge dan gate khusus,” ucap pria dalam video tersebut.

Disebutkan bahwa rute Jakarta-Bandung menggunakan Susi Air menggunakan pesawat jenis Cesna Grand Caravan 208B. Pesawat tersebut hanya mampu membawa 12 penumpang dalam satu kali perjalanan.

“Perjalanan hanya sekitar 20 menitan, dengan tarif sekitar Rp500 ribuan. Jadi, masih lebih murah nih daripada kereta cepat. Tapi yang first class ya,” ungkap pria dalam video tersebut.

Faktanya, kereta cepat Whoosh memang memiliki tiga kelas berbeda dalam satu rangkaian, yakni Ekonomi Premium, Bisnis, dan First Class. Harga yang ditawarkan juga berbeda, mulai dari Rp250 ribu hingga Rp600 ribu.



Informasi ini didapatkan SINDONews berdasarkan penelusuran dalam aplikasi KAI Acces. Untuk rute Halim-Tegalluar tiket termahal hanya dibanderol Rp600 ribu, berbeda dengan informasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut.

Selain itu, waktu perjalanan dalam aplikasi disebutkan 47 menit, berbeda dengan informasi yang diberikan dalam akun tersebut yang mengatakan 1 jam.
Meski perjalanan menggunakan pesawat hanya 20 menit, tapi penumpang diwajibkan datang 1 jam sebelum keberangkatan untuk keperluancheckin.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2853 seconds (0.1#10.140)