Lebih Ramah Lingkungan dari Listrik, Bajaj Luncurkan Motor Bertenaga CNG

Minggu, 14 April 2024 - 07:34 WIB
loading...
Lebih Ramah Lingkungan dari Listrik, Bajaj Luncurkan Motor Bertenaga CNG
Bajaj siapkan motor bertenaga gas. FOTO/ AUTOPRO
A A A
NEW DELHI - Bajaj adalah salah satu produsen sepeda motor terbesar di dunia dan memiliki kolaborasi erat dengan merek ternama termasuk KTM dan Triumph.



Seperti dilansir dari Rideapart, terbaru, Bajaj akan meluncurkan produk terbarunya melalui sepeda motor bertenaga Compressed Natural Gas (CNG).

Hal ini telah dikonfirmasi oleh CEO Bajaj Rajiv Bajaj awal tahun ini dan peluncurannya dijadwalkan pada bulan Juni.

Menariknya, paten terbaru dari sepeda motor tersebut telah dipublikasikan dan memberikan beberapa informasi penting yang bisa diharapkan menjelang peluncuran resminya nanti.

Sebagai catatan, Bajaj memiliki pengalaman luas dalam produksi mesin CNG. Sebab, mereka memproduksi kendaraan roda tiga bertenaga CNG dengan angka produksi 70.000 unit per bulan.

CNG banyak digunakan di India selain memakan biaya yang murah sehingga transfer teknologi yang sama ke kendaraan roda dua (sepeda motor) relevan di negara tersebut.

CNG menggunakan gas metana (CH4) dan menghasilkan polusi yang lebih sedikit dibandingkan gas atau solar. Namun metana adalah gas sehingga menyimpannya di dalam sepeda motor merupakan tantangan besar.

Berdasarkan paten Bajaj, mereka membuat sketsa bagaimana mesin satu silinder akan mengandung gas alam terkompresi dan dapat dipasang pada sepeda motor konvensional.

Namun desain yang lebih rumit ditujukan pada bagian rangka yang menggunakan sasis tipe 'teralis tabung baja' yang dikembangkan khusus untuk menampung mesin dan ruang penyimpanan gas CNG.

Sepeda motor bertenaga CNG tidak fokus pada performa, melainkan kendaraan seperti ini murah untuk dioperasikan dan cocok untuk konsumen di India yang mencari sepeda motor berbiaya rendah.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)