Taksi Terbang Meluncur di Musim Haji 2024

Jum'at, 10 Mei 2024 - 18:30 WIB
loading...
Taksi Terbang Meluncur di Musim Haji 2024
Jamaah haji 2024 tawaf di Kakbah. (Foto: Al Arabiya)
A A A
JAKARTA - Jamaah haji 2024 bakal dimanjakan dengan kecanggihan transportasi, salah satunya berupa taksi terbang.

Al Arabiya melansir, Jumat (10/5/2024) Menteri Transportasi dan Layanan Logistik Arab Saudi Saleh al-Jasser memastikan bahwa musim haji tahun ini akan menjadi uji coba untuk taksi terbang dan drone. Taksi terbang ini untuk mengangkut jamaah haji dan umrah dari Bandara King Abdulaziz di Jeddah ke hotel di Makkah.

Operasionalisasi taksi terbang oleh Neom dan Volocopter ini menggunakan pesawat electric vertical take-off and landing (eVTOL). “Saat ini terdapat banyak persaingan di antara berbagai perusahaan transportasi untuk menyediakan produk praktis di tahun-tahun mendatang,” kata al-Jasser dalam sebuah wawancara.



Kementerian pun dinilai perlu terus bergerak menyesuaikan perkembangan teknologi dan melakukan eksplorasi untuk menyesuaikan cara terbaik dalam menerapkannya.

“Jadi, kita harus menjadi yang terdepan agar bisa mendapatkan manfaat dari layanan ini dan agar musim haji bisa mendapat bagian terbesarnya,” ucap al-Jasser.



Haji yang merupakan rukun Islam ke lima merupakan ibadah tahunan yang dilaksanakan di kota suci Makkah di Arab Saudi. Biasanya berlangsung antara tanggal 8 dan 13 Dzulhijjah. Musim haji tahun ini diperkirakan akan dimulai pada 14 Juni 2024.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2276 seconds (0.1#10.140)