Motor Listrik China Tiru Desain Vespa, Piaggio Indonesia: Kita Memang Inspiring!

Jum'at, 24 Mei 2024 - 10:17 WIB
loading...
Motor Listrik China Tiru Desain Vespa, Piaggio Indonesia: Kita Memang Inspiring!
Desain ikonik dan elegan Vespa telah jadi ciri khas selama lebih dari 70 tahun. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Vespa memiliki desain modern klasik yang membuat banyak orang terpesona. Wajar jika marak motor listrik China yang meniru desain Vespa, bahkan memiliki detail yang sangat mirip.

Menanggapi hal tersebut, PT Piaggio Indonesia (PID) tak ambil pusing dan mengaku bangga karena Vespa telah menjadi inspirasi banyak orang. Ini menandakan bahwa Vespa memiliki daya pikat tersendiri hingga ditiru oleh motor listrik asal China.

“Saya rasa orang-orang yang suka Vespa, pasti tahu kok mana yang berusaha mengikuti mana yang enggak. Kalau punya kemampuan untuk beli Vespa, pasti akan memilih Vespa,” kata Ayu Hapsari, PR & Communications Manager PT PID di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Menurut Ayu, skuter listrik asal China yang memiliki desain serupa sebenarnya memiliki material yang berbeda dengan Vespa. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi calon konsumen untuk menentukan pilihan mobilitas mereka.

PT PID sendiri juga tidak bisa menuntut secara hak paten desain Vespa yang ditiru merek lain. Sebab, hal tersebut merupakan ranah dari prinsipal Piaggio Group untuk menentukan apakah motor listrik asal China yang beredar di Indonesia meniru atau tidak.

“Terlihat dari jauh mungkin sama, tapi kalau dari dekat itu benar-benar berbeda kok. Kalau terlihat mirip, ya berarti kita kan memang inspiring. Tapi kalau soal hak paten itu semua ada di tangan headquarter,” tuturnya.



“Mereka (prinsipal) yang lebih berhak melakukan validasi untuk menilai kemiripan dan lain sebagainya,” lanjut Ayu.

Sebagai informasi, sebelumnya Piaggio Group memenangi gugatan merek dagang terhadap produsen sepeda motor China, Zhejiang Qianjiang Motorcycle. Gugatan tersebut diajukan karena produsen asal Negeri Tirai Bambu itu dianggap telah menjiplak desain Vespa.

Pengadilan Uni Eropa juga secara resmi sudah mengakui desain Vespa, dan tidak boleh ditiru selain oleh Piaggio. Sehingga motor kloningan atau versi KW dari Vespa tidak boleh diimpor dan dijualdiEropa.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)
pixels