Motor Injeksi Mati Mendadak, BBM Kualitas Buruk Bisa Jadi Penyebabnya

Selasa, 04 Juni 2024 - 16:01 WIB
loading...
Motor Injeksi Mati Mendadak, BBM Kualitas Buruk Bisa Jadi Penyebabnya
Penyebab Motor Injeksi Mati Mendadak. FOTO/ RIDEAPART
A A A
JAKARTA - Sepeda motor saat ini sudah dibekali dengan sistem pengabutan injeksi , yang menyalurkan bahan bakar dengan cara menyemprotkan sesuai kebutuhan. Apabila BBM memiliki kualitas buruk dan kotor, maka saluran penyemprotan tertutup dan motor mati secara tiba-tiba.



Bahan bakar berkualitas rendah dapat memengaruhi kinerja mesin motor, terutama saat injeksi menyalurkan bahan bakar ke ruang mesin. Oleh sebab itu, disarankan memakai BBM dengan kadar iktan yang ditentukan.

Penyebab lain motor injeksi mati mendadak adalah sarungan udara yang mulai kotor sehingga ruang mesin tidak mendapat oksigen yang cukup. Mengganti saringan udara disarankan sesuai dengan interval yang direkomendasikan.

Busi juga bisa menjadi faktor motor injeksi tidak bisa menyala akibat tidak memberikan sumber pengapian yang optimal. busi yang kotor atau memiliki gap antara elektroda yang tidak sesuai dengan spesifikasi juga bisa mempengaruhi kinerja mesin.

Sirkulasi BBM yang tidak lancar juga dapat membuat motor injeksi mati secara tiba-tiba saat sedang digunakan. Untuk mengatasinya, lakukan pembersihan tangki bahan bakar secara periodik. Mengganti filter bahan bakar juga penting untuk memastikan bahan bakar yang masuk ke mesin bersih dan bebas dari partikel.

Untuk memastikan bahwa motor injeksi beroperasi dengan performa maksimal, berikut adalah beberapa tips mudah yang dapat dilakukan seperti dibagikan Suzuki:

- Periksa dan Bersihkan Filter Udara Secara Berkala

Filter udara yang kotor dapat mengurangi efisiensi bahan bakar dan performa mesin. Bersihkan filter udara setiap 2.000 km dan gantilah jika sudah terlihat rusak atau terlalu kotor.

- Gunakan Bahan Bakar dengan Oktan yang Sesuai
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)
pixels