Sang penerus Gordon Banks

Kamis, 07 Juni 2012 - 04:54 WIB
Sang penerus Gordon Banks
Sang penerus Gordon Banks
A A A
Sindonews.com - Pelatih timnas Inggris Roy Hodgson menyebut peran kiper Joe Hart akan sangat vital di Piala Eropa 2012. Hodgson yakin Hart akan tampil gemilang dan menjadi penerus legendaris Inggris Gordon Banks.

Tugas pertama yang bakal dijalani kiper Manchester City itu adalah menghadapi Prancis. Senin (11/6), mereka akan bertemu dengan Les Blues––julukan Prancis––pada penyisihan Grup D. Ini bukan tugas mudah. Hart harus berhadapan dengan Karim Benzema.

Setelah itu, dengan Zlatan Ibrahimovic yang menjadi andalan lini depan Swedia, kemudian Andrei Yarmolenko, penyerang utama tuan rumah Ukraina. Hodgson pribadi sama sekali tidak ragu dengan kapasitas Hart.

Setelah membawa klubnya The Citizens––julukan Man City––menjadi juara Liga Primer 2011/2012, dia yakin Hart juga akan memberikan kontribusi besar untuk The Three Lions.Apalagi, ini akan menjadi turnamen besar pertamanya.

''Hart akan sangat penting untuk kami. Seluruh pemain juga mengungkapkan hal senada. Kami semua sudah melihat kiprahnya bersama Man City, musim ini. Dia luar biasa. Jadi, kami tidak meragukan kalau dia akan bermain dengan sangat baik,” ujar Hodgson, dilansir Telegraph.

Dengan penampilannya yang fantastis musim ini, Hart bukan hanya memiliki kesempatan untuk mengikuti jejak Banks. Dia juga bisa menyejajarkan dirinya dengan David Seaman, bahkan Peter Shilton, salah satu kiper terbaik Inggris. “Usia Hart masih sangat muda. Sekarang dia baru 25 tahun, dan dia sudah membela timnas 18 kali. Jadi, dia memiliki banyak kesempatan untuk menambah angka tersebut,” ujar mantan pelatih Liverpool itu. Hodgson menyatakan, saat itu, Banks meniti karier seperti Hart.

Dia mendapat kesempatan menjaga gawang Inggris pada usianya yang ke- 25. Hingga akhirnya, pada 1972, dia memutuskan untuk pensiun. “Kebanyakan kiper memulai karier bersama timnas pada usia 25, salah satunya Banks. Kemudian, sekarang disusul Hart. Banks ketika itu membela timnas sebanyak 73 kali dan saya pikir Hart bisa melakukan lebih dari itu.

Yang paling utama adalah Hart harus terus menjaga penampilannya. Dia harus membuktikan kualitasnya. Dengan demikian, posisinya sebagai kiper nomor satu Inggris akan selalu terjaga,” papar suksesor Fabio Capello itu.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4877 seconds (0.1#10.140)