Batas Umur Ban Mobil yang Perlu Diketahui Pengemudi

Kamis, 04 Juli 2024 - 22:15 WIB
loading...
Batas Umur Ban Mobil yang Perlu Diketahui Pengemudi
Batas Umur Ban Mobil . FOTO/ AUTOPRO
A A A
JAKARTA - Ban merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor untuk meredam dan menstabilkan laju. Apabila bermasalah, maka bisa berisiko terjadi kecelakaan. Masalah ini biasanya timbul akibat usia ban yang melebihi batas.



Mengendarai mobil dengan ban yang sudah tidak prima sangatlah berbahaya. Untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan penumpang, sangat penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi umur ban mobil dan mengetahui kapan saatnya ban tersebut perlu diganti.

Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan bahwa seluruh ban memiliki masa pakai. Meski ulir ban masih tebal, tapi jika usia pakai sudah lewat, maka dapat menimbulkan risiko besar.

“Untuk umur pakai ban itu yang paling baik adalah empat sampai lima tahun dari masa produksi ban yang ditandai dengan empat angka. Dua digit pertama adalah pekan ban tersebut diproduksi, sedangkan dua digit di belakangnya tahun produksi,” kata Jusri saat dihubungi SINDOnews

Disitat dari laman Suzuki, berikut waktu terbaik mengganti ban mobil:


- Rekomendasi Usia Ban

Umumnya, setiap produsen ban memberikan rekomendasi usia ban yang ideal untuk diganti, yaitu sekitar 3 hingga 5 tahun. Namun, angka tersebut hanya merupakan patokan dasar. Faktor lain seperti intensitas penggunaan dan kondisi ban tetap perlu dipertimbangkan.

- Tanda-tanda Ban Harus Diganti

Ada beberapa tanda visual yang dapat membantu Anda menentukan kapan ban perlu diganti. Perhatikan apakah adanya keretakan pada permukaan ban, terutama di bagian samping atau dekat dengan alur ban.

Selain itu, periksa apakah terdapat benjolan pada permukaan ban yang biasanya disebabkan oleh seringnya tertusuk benda tajam. Terpenting, periksa kedalaman alur telapak ban. Ban harus diganti apabila kedalaman alur telapak ban sudah mendekati atau melebihi batas keausan yang ditetapkan (biasanya sekitar 1/16 inci atau 1.6 mm).

- Perawatan Ban Rutin

Untuk memaksimalkan umur pakai ban mobil, perawatan ban rutin sangat penting. Lakukan rotasi ban secara berkala untuk menjaga keausan ban lebih merata. Selain itu, pastikan melakukan balancing ban untuk menghindari getaran pada kemudi saat mobil melaju kencang.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1929 seconds (0.1#10.140)
pixels