Ini Kecanggihan Yangwang U8, Mobil Ultra Luxury Bongsor yang bisa Berputar 359 Derajat

Kamis, 25 Juli 2024 - 14:47 WIB
loading...
Ini Kecanggihan Yangwang...
Teknologi E4 platform BYD memungkinkan Yangwang U8 berputar 359 derajat di tempat. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
ICE BSD - Mobil Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) Yangwang U8 di booth BYD Indonesia menjadi salah satu sorotan konsumen GIIAS 2024. Tidak hanya karena ukurannya yang bongsor dan teknologi canggih, tapi juga kemampuannya berputar 359 derajat di tempat.

Technical Support & Training BYD Motor Indonesia Muhammad Sutan Sholahuddin mengatakan, kunci kecanggihan Yangwang U8 ada pada E-4 Platform. E-4 Platform digunakan untuk SUV ultra luxury Yangwang U8 dan supercar Yangwang U9. Di platform inilah Yangwang, yang merupakan sub-brand BYD itu, membenamkan semua inovasi dan teknologi mereka.

E-4 Platform juga sangat berbeda dengan E-platform 3.0, yang dipakai di mobil listrik penumpang seperti BYD Dolphin.

Bisa Berputar 359 Derajat
Ini Kecanggihan Yangwang U8, Mobil Ultra Luxury Bongsor yang bisa Berputar 359 Derajat

Kemampuan berputar Yangwang U8 ditampilkan pada ajang GIIAS 2024 dan menjadi salah satu daya tarik utama pengunjung di booth BYD. Foto:

Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia menyebut bahwa E-4 Platform dipamerkan di booth BYD di GIIAS 2024 untuk membuktikan kepada konsumen Indonesia kecanggihan teknologi yang mereka miliki.

“Display BYD Yangwang U8 bisa memperkenalkan dan memberikan edukasi lebih lanjut tentang kecanggihan E-4 Platform sebagai inovasi terbaru dari tim riset dan pengembangan BYD,” ungkapnya. “Kami memiliki 90.000 tenaga R&D di seluruh dunia dan punya 48.000 paten,” tambahnya.

Teknologi E-4 Platform Hasil R&D Mutakhir dari BYD
Ini Kecanggihan Yangwang U8, Mobil Ultra Luxury Bongsor yang bisa Berputar 359 Derajat

Sutan Sholahuddin menyebut, E-4 Platform memiliki 3 kontrol utama. Pertama, empat Motor Independent Drive untuk menggerakkan setiap roda ditenagai oleh motor listriknya sendiri.

Kedua, friction control untuk membaca kondisi jalan dan mengoptimalkan kinerja motor. Ada juga Body Stability Control untuk stabilitas.
BYD melengkapi E-4 Platform dengan berbagai sensor tersebar di bagian-bagian inti BYD Yangwang U8, di antaranya Integrated Measurement Unit, Wheel Speed Sensor, Steering Sensor, Sensor Kamera, Millimeter Wave Radar, Lidar, Ultrasonic dan banyak sensor lainnya.

E-4 Platform dapat memaksinalkan control speed hingga mencapai 20.500 rpm, maximum horsepower sebesar 1.100 horsepower dengan puncak kekuatan motor sebesar 220-240 kw.

Berkat E-4 Platform, performa BYD Yangwang U8 lebih bertenaga dengan waktu akselerasi 0-100 km/jam 3,6 detik.

Jangkauan CLTC (Comprehensive Long Trip Capability) hingga 1.000 km, sehingga cocok untuk perjalanan jauh dan mengimbangi proporsi BYD U8 yang merupakan SUV berukuran besar dan menengah.


Fitur Tank Turn

Menurut Sutan, E-4 Platform memungkinkan kontrol torsi setiap roda secara presisi, mengaktifkan fitur seperti Tank Turn, dan peningkatan kemampuan off-road.

Teknologi Tank Turn pada E-4 platform yang diterapkan BYD Yangwang U8 memungkinkan kendaraan dengan dimensi 5.3m x 2m x 1.9m dan berat 3,4 ton untuk melakukan manuver dengan mudah, termasuk saat parkir.

Apa gunanya? “Kemampuan berputar 359 derajat memudahkan pengemudi untuk parkir di area sempit mengingat mobilnya bongsor,”ungkapnya.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)