Seres E1 Mobil Berkualitas Global Produksi Lokal

Sabtu, 27 Juli 2024 - 15:50 WIB
loading...
Seres E1 Mobil Berkualitas...
Seres E1 dipasarkan dalam dua varian, yakni Seres E1 B-Type dengan harga Rp189 juta dan Seres E1 L-Type dengan harga Rp 219 juta. Foto: Sindonews/Anton Chris
A A A
ICE BSD - Komitmen untuk menggerakkan perekonomian nasional melalui ekosistem kendaraan listrik (BEV) semakin diperkuat. Salah satunya oleh PT Sokonindo Automobile yang merupakan produsen dan Agen Pemegang Merek (APM)merk mobil DFSK dan Seres.

Pabrikan asal negeri Tirai Bambu ini kini juga berfokus menghadirkan kendaraan listrik. Sokonindo sudah memiliki fasilitas produksi
di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang - Banten, yang mengadopsi teknologi terkini dan modern sebagai industry 4.0, dimana 90% dari proses produksi sudah menggunakan teknologi robotic.

Fasilitas utama yang ada di pabrik Sokonindo adalah Stamping Workshop, Welding Workshop, Painting Workshop dan Assembling Workshop. Total kapasitas produksi maksimum pabrik Sokonindo adalah 50.000 unit per tahun, yang dapat memenuhi kebutuhan pasar lokal maupun mancanegara, termasuk di Asia Tenggara.

Pada 2023, Sokonindo memperkenalkan brand Seres lewat Seres E1, mobil listrik modern dengan kategori City Car. Seres E1 dipasarkan dalam dua varian, yakni Seres E1 B-Type dengan harga Rp 189 juta (on the road Jabodetabek) dan Seres E1 L-Type dengan harga Rp 219 juta (on the road Jabodetabek).

Mobil Seres E1 Type-B dibekali baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 13,8 kWh yang mampu menempuh jarak maksimum sepanjang 180 km dalam satu pengisian baterai penuh. Sedangkan Seres E1 Type-L memiliki kapasitas baterai 16,8 kWh mampu menempuh jarak tempuh maksimum 220 km.

Doni Putra Okten, Head of Sales and Marketing PT Sokonindo Automobile mengatakan, Teknologi yang diusung Seres E1 membuat mobil itu ramah lingkungan dan fungsional. Kemudahan dalam pengisian daya dengan skema plug and play menjadikan Seres E1 bisa dicharge di rumah dan di tempat-tenpat pengisian umum dengan hanya dibekali adaptor.

Salah satu kelebihan dari Seres E1 adalah menggunakan charging port standar di Indonesia, yakni Type 2 untuk AC charging. Dengan demikian, Seres E1 dapat dengan mudah mengisi daya di SPKLU yang menggunakan EV plug AC Type 2.

Daya baterai Seres E1 dapat diisi penuh dalam waktu 3,5 hingga 4 jam menggunakan instalasi listrik yang digunakan di rumah sehari-hari dan juga praktis ketika mengisi daya di SPKLU dengan tersedianya EV plug AC Type 2 yang sesuai dengan standard yang digunakan di Indonesia. Baterai ini juga sudah lulus Sertifikat IP67, sehingga penumpang tidak perlu khawatir tersetrum atau rusak saat melewati genangan air.

PT Sokonindo Automobile juga memberikan jaminan untuk Seres E1 dengan garansi 8 tahun untuk baterai, garansi 3 tahun untuk jaminan kendaraan serta bebas perawatan selama 3 tahun.

Cing Hok Rifin, Director Sales Center PT Sokonindo Automobile mengatakan, pihaknya terus berkomitmen .eningkatkan serta mempercepat adopsi transportasi berkelanjutan yang ramah lingkungan di Indonesia. Untuk memperkuat komitmen itu, Sokonindo menggandeng Voltron untuk mendukung upaya global dalam mencapai target net zero emission.

Dengan infrastruktur pengisian daya cepat yang disediakan Voltron, diharapkan Sokonindo mampu mepercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia. Kerjasama ini juga mencerminkan komitmen kuat kami terhadap prinsip-prinsip ESG, dimana kedua perusahaan tidak hanya fokus pada inovasi teknologi, tetapi juga pada tanggung jawab sosial dan lingkungan.



Salah satu pengunjung, Ahmad Zulkifli mengaku terkesan dengan Seres E1 yang dipamerkan. Sembari melihat mobil mungil berwarna pink, dia mengaku mempertimbangkan untuk mengganti motor 650cc miliknya dengan Seres E1. "Untuk kualitas menurut saya semua pabrikan sama. Tapi sebelum beli tentu saya harus mencoba dulu,"katanya. Mobil listrik, menurut dia, kini sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. "Menjadi simbol seseorang peduli lingkungan,"katanya.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)