Lawan Gempuran Mobil Listrik China, Mitsubishi Siap Bergabung dengan Honda

Senin, 29 Juli 2024 - 07:27 WIB
loading...
Lawan Gempuran Mobil...
Mobil Listrik buatan Mitsubishi. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
TOKYO - Berdasarkan laporan Nikkei baru-baru ini, Mitsubishi Motors kini siap bergabung dalam aliansi antara Honda Motor dan Nissan Motor.



Hal ini akan menciptakan hubungan antara produsen mobil dengan penjualan gabungan lebih dari delapan juta kendaraan.

Mitsubishi Motors, yang 34 persen sahamnya dimiliki oleh Nissan, akan bekerja sama dengan Honda dan Nissan untuk menyelesaikan rincian kemitraan strategis mereka, kata Nikkei.

Selain itu, ketiga perusahaan tersebut bertujuan untuk menstandarisasi perangkat lunak dalam kendaraan yang mengendalikan mobil.

Mitsubishi Motors menolak mengomentari laporan tersebut, sementara juru bicara Nissan hanya mengatakan bahwa laporan tersebut tidak didasarkan pada apa pun yang diumumkan oleh salah satu perusahaan.

Juru bicara Honda tidak menanggapi permintaan komentar.

Dorongan ini muncul ketika Nissan, produsen mobil terbesar ketiga di Jepang, terus kehilangan pangsa pasar di dua pasar terbesarnya, AS dan China, yang bersama-sama menyumbang setengah dari penjualan globalnya hingga bulan Maret.

Pada hari Kamis, perusahaan tersebut memangkas prospek tahunannya setelah diskon besar-besaran di AS hampir menghapus seluruh laba kuartal pertamanya.

Nissan dan Honda mengatakan pada bulan Maret bahwa mereka sedang mempertimbangkan kemitraan strategis untuk bekerja sama memproduksi komponen kendaraan listrik dan kecerdasan buatan dalam platform perangkat lunak otomotif.

Mitsubishi Motors sudah menjadi bagian dari aliansi jangka panjang dengan Nissan dan Renault Perancis yang disetujui oleh ketiga produsen mobil tersebut pada tahun lalu untuk direstrukturisasi, dengan tujuan untuk kemitraan yang lebih kecil namun lebih pragmatis dan tangkas.

Kolaborasi terpisah antara Nissan, Honda, dan Mitsubishi Motors dapat membantu produsen mobil Jepang tersebut memangkas biaya dan meningkatkan persaingan ketat di kendaraan listrik, yang didominasi oleh perusahaan seperti BYD dan Tesla China.

Di Tiongkok, pasar mobil terbesar di dunia, merek-merek Jepang dulunya kuat, namun kini harus menghadapi produsen mobil dalam negeri yang telah meningkatkan produksi dan memenangkan hati konsumen dengan kendaraan berharga murah yang dilengkapi dengan perangkat lunak.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)