BYD M6: Mobil Listrik Keluarga dengan Harga Terjangkau, tapi Apakah Cocok untuk Anda?

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 16:00 WIB
loading...
BYD M6: Mobil Listrik...
BYD M6 adalah pilihan menarik bagi keluarga yang mencari mobil listrik 7-seater dengan harga terjangkau dan fitur lengkap. Foto: BYD Indonesia
A A A
JAKARTA - GIIAS 2024 menjadi saksi betapa mobil listrik semakin diminati di Indonesia. BYD M6, multi-purpose electric vehicle (MPEV) 7-seater dari China, menjadi salah satu bintang pameran dengan ribuan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

Dengan harga mulai dari Rp379 juta, mobil ini menawarkan solusi menarik bagi keluarga yang menginginkan kendaraan listrik luas dan nyaman tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Namun, sebelum Anda tergoda untuk ikut memesan, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

1. Untuk Siapa BYD M6?
BYD M6: Mobil Listrik Keluarga dengan Harga Terjangkau, tapi Apakah Cocok untuk Anda?

BYD M6 cocok bagi mereka yang:

- Mendambakan mobil listrik: Anda sudah lama ingin beralih ke mobil listrik, namun terkendala harga.

- Membutuhkan 7 penumpang: Anda memiliki keluarga besar atau sering bepergian dengan banyak orang.

- Memiliki budget terbatas: Anda mencari mobil listrik dengan harga di bawah Rp400 juta.

- Varian standar BYD M6, dengan harga Rp379 juta, menawarkan jarak tempuh 420 km dengan baterai 55,4 kWh. Jika Anda menginginkan jarak tempuh lebih jauh (530 km) dan sunroof, Anda bisa memilih varian Superior atau Superior Captain Seat dengan harga lebih tinggi sekitar Rp40-Rp50 juta.

2. Interior Mirip Mobil Konvensional
BYD M6: Mobil Listrik Keluarga dengan Harga Terjangkau, tapi Apakah Cocok untuk Anda?

Jangan berharap interior futuristik ala mobil listrik pada umumnya. BYD M6 mengadopsi desain interior dari BYD Song Max, mobil Plug-in Hybrid yang sudah ada sejak 2017. Namun, ini bisa menjadi nilai plus bagi Anda yang tidak ingin terlalu banyak penyesuaian saat beralih ke mobil listrik.

3. Bukan Mobil Taksi Bluebird

BYD M6 berbeda dengan BYD E6 yang digunakan sebagai taksi Bluebird. E6 adalah mobil listrik 5-seater, sedangkan M6 adalah MPV 7-seater. Namun, pengalaman positif para pengemudi taksi Bluebird dengan E6 bisa menjadi indikasi keandalan dan durabilitas mobil listrik BYD. Sejumlah model BYD E6 sudah melampaui 500.000 kilometer saat digunakan di Indonesia.

4. Perbandingan dengan Innova Zenix Hybrid

Jika dibandingkan dengan Innova Zenix Hybrid, BYD M6 menawarkan harga yang jauh lebih terjangkau, dengan selisih antara Rp80 juta hingga Rp200 jutaan. Namun, perlu diingat bahwa Zenix Hybrid adalah mobil hybrid, bukan mobil listrik murni.

5. Ground Clearance Rendah

BYD M6: Mobil Listrik Keluarga dengan Harga Terjangkau, tapi Apakah Cocok untuk Anda?

Salah satu kekurangan BYD M6 adalah ground clearance-nya yang relatif rendah (170 mm) dibandingkan MPV lain di Indonesia, seperti Mobilio (189 mm), Zenix (185 mm), dan Avanza (195 mm). Hal ini perlu dipertimbangkan jika Anda sering melewati jalanan yang tidak rata atau banjir.

6. Bagasi Lumayan Luas

BYD M6 memiliki kapasitas bagasi 180 liter, yang bisa diperluas menjadi 580 liter dengan melipat kursi belakang. Cukup untuk membawa barang belanjaan, perlengkapan arisan, atau bahkan peralatan kemping. Suspensi MacPherson struts di depan dan multi-link di belakang juga menjanjikan kenyamanan berkendara.

7. Performa Mengesankan

BYD M6 ditenagai oleh motor listrik tipe AC Permanent Magnet Synchronous Motor dengan penggerak roda depan dan baterai LFP. Tenaga yang dihasilkan mencapai 201 HP dengan torsi 310 Nm, dan kecepatan maksimum 180 km per jam. Akselerasi 0-100 km/h dapat dicapai dalam 8,6 detik, cukup impresif untuk sebuah MPV.

8. Fitur Lengkap

BYD M6 tidak pelit fitur. Anda akan mendapatkan berbagai fitur canggih, seperti:

- ADAS (Adaptive Cruise Control, Lane Departure Warning, Blind Spot Detection)
- AEB (Autonomous Emergency Braking)
- LDA (Lane Departure Assist)
- ELKA (Electronic Lane Keeping Assist)
- ABS, EBD, ESC
- 6 airbag
- TPMS (Tire Pressure Monitoring System)
- Powerback door
- Head unit 12,8 inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay

9. Sunroof Hanya di Varian Tertentu

Fitur sunroof hanya tersedia pada varian Superior dan Superior Captain Seat. Varian standar tidak dilengkapi sunroof.

10. Tidak Ada Garansi Servis

Untuk menekan harga, BYD M6 tidak dilengkapi dengan garansi servis gratis. Biaya servis akan ditanggung oleh konsumen. Namun, garansi baterai dan drive unit tetap diberikan selama 8 tahun. Sebagai perbandingan, BYD Dolphin menawarkan garansi servis gratis 4 tahun atau 60.000 km.


11. Estimasi Waktu Pengiriman
BYD M6: Mobil Listrik Keluarga dengan Harga Terjangkau, tapi Apakah Cocok untuk Anda?

Jika Anda memesan BYD M6 di GIIAS 2024, Anda perlu membayar tanda jadi sebesar Rp10 juta dan unit akan dikirim dalam waktu 2 bulan setelah SPK.

BYD M6 adalah pilihan menarik bagi keluarga yang mencari mobil listrik 7-seater dengan harga terjangkau dan fitur lengkap. Namun, pertimbangkan juga ground clearance yang rendah dan tidak adanya garansi servis gratis sebelum memutuskan untuk membeli.

Apakah BYD M6 layak dibeli? Jawabannya tergantung pada prioritas dan kebutuhan Anda. Jika Anda mencari mobil listrik keluarga yang luas, nyaman, dan canggih dengan harga terjangkau, BYD M6 bisa menjadi pilihanyangtepat.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)