Arti Pelat SCV1 di Toyota Innova Zenix Putih yang Digunakan Paus Fransiskus

Rabu, 04 September 2024 - 07:31 WIB
loading...
Arti Pelat SCV1 di Toyota...
Paus Fransiskus melambaikan tangan kepada warga Jakarta saat melewati Bundaran Hotel Indonesia. Foto: Sindonews/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Paus Fransiskus tiba di Indonesia menggunakan pesawat ITA Airways dan langsung dijemput Toyota Kijang Innova Zenix dengan nomor pelat khusus, 'SCV 1'. Apa artinya pelat tersebut?

Mobil yang digunakan oleh Paus Fransiskus berwarna putih, disebut melambangkan kesucian khas popemobile. Paus juga duduk di kursi depan, tepat di samping pengemudi, bukan di baris kedua seperti tamu VIP pada umumnya.

Innova Zenix yang digunakan pemimpin tertinggi gereja katolik sedunia itu juga memakai bendera merah putih dan katedral di kedua sisi depannya.

Tapi yang menarik perhatian adalah nomor pelat khusus dengan tulisan 'SCV 1' dengan latar putih dan merah pada tulisannya.

Arti Pelat SCV1 di Toyota Innova Zenix Putih yang Digunakan Paus Fransiskus

SCV merupakan singkatan dari bahasa Latin Status Civitatis Vaticanae yang artinya Negara Kota Vatikan. Sementara angka 1 diartikan sebagai pemimpin atau tokoh tertinggi yang dihormati semua umat katolik di dunia.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Paus Fransiskus memang tidak menggunakan mobil mewah. Jika diperhatikan melalui tampilannya, pada emblem depan Innova Zenix yang ditumpanginya merupakan tipe V hybrid.

Mobil terlaris di Indonesia tersebut dibekali mesin M20A-FXS yang dipadukan dengan motor listrik compact.

Pembekalan itu dilengkapi dengan transmisi CVT K120 yang mengadopsi mode Sequential Shiftmatic 10-speed. Sementara tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 152 PS.



Mesin dengan kapasitas silinder 1.987 cc tersebut kemudian dipadukan motor listrik 113 PS dan torsi 21 kgm. Perpaduan keduanya mampu menghasilkan daya maksimum 186 PS. Jarak tempuhnya bisa lebih dari 500 kilometer dalam sekali pengisianpenuhBBM.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)