Toyota Siap Hidupkan Kembali Starlet versi Gazoo Racing

Selasa, 10 September 2024 - 21:50 WIB
loading...
Toyota Siap Hidupkan...
Toyota Starlet. FOTO/ Daily
A A A
TOKYO - Toyota siap menghidupkan kembali model ikoniknya sejak diperkenalkan pada tahun 1973, Starlet dan kini dalam versi GR (Gazoo Racing), yang diperkirakan akan diluncurkan pada tahun 2026.



Laporan terbaru dari Young Machine mengungkap bahwa GR Starlet akan menawarkan pengalaman berkendara yang mendebarkan dengan mesin 1,3 liter turbo yang menghasilkan tenaga sekitar 150hp.

Jika hal ini terwujud, GR Starlet bisa menjadi model paling terjangkau di jajaran GR Toyota, memberikan para penggemar pilihan menarik lainnya di bawah GR Yaris dan GR Corolla.

Starlet yang dirumorkan mungkin akan menggunakan platform TNGA-B dari model Yaris, namun dengan ukuran yang lebih kompak.

Mobil lima pintu ini diperkirakan memiliki panjang sekitar 3.850 mm, membuatnya sedikit lebih besar dari Aygo X tetapi lebih pendek dari Yaris.

Pada ukuran ini, Starlet akan menawarkan keseimbangan sempurna antara kepraktisan perkotaan dan performa menakjubkan.

GR Starlet diharapkan mendapatkan "perawatan GR penuh" yang mencakup body kit sporty, sasis yang ditingkatkan untuk handling yang lebih kompak, dan tentu saja, mesin turbo tiga silinder 1,3 liter.

Mesinnya diadaptasi dari mesin 1,6 liter yang terdapat pada GR Yaris dan GR Corolla, namun dengan ukuran lebih kecil agar sesuai dengan dimensi Starlet.

Tenaga mesin tersebut akan disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual enam percepatan sehingga memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan dan terkendali.

Dengan berat sekitar 980kg, GR Starlet akan lebih ringan sekitar 300kg dibandingkan GR Yaris — fitur-fitur yang pasti akan menarik bagi para penggemar hot hatch.

Toyota juga dikabarkan sedang mengembangkan versi Starlet untuk balap Rally 4, kategori penggerak dua roda di bawah World Rally Championship (WRC).

Untuk memenuhi aturan kategori tersebut, Toyota perlu memproduksi 25.000 unit model versi jalan raya yang diperkirakan akan diluncurkan pada tahun 2026, sedangkan mobil reli akan mulai bersaing pada musim 2027.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2200 seconds (0.1#10.140)