Thorium, Bahan Bakar Terkuat di Dunia

Senin, 16 September 2024 - 09:00 WIB
loading...
Thorium, Bahan Bakar...
Konsep mesin mobil bertenaga thorium didasarkan pada penggunaan material radioaktif sebagai bahan bakar. Foto/Econews
A A A
JAKARTA - Hidrogen sering disebut sebagai bahan bakar masa depan, bahkan fisikawan Stephen Hawking meramalkan beberapa dekade lalu bahwa bahan bakar terkuat bisa ada, dan kini akhirnya telah tercipta.

Bahan bakar itu bernama thorium yang menjadi semacam mesin baru yang berpotensi untuk merevolusi planet Bumi.Gagasan menggunakan thorium sebagai bahan bakar mobil telah menarik minat besar dari para penggemar otomotif, karena mobil semacam itu berpotensi menjadi sumber energi yang bersih, efisien, dan hampir tak terbatas untuk transportasi di masa depan.

Namun, prospek teknologi ini tidak sesederhana yang mungkin diharapkan, dan saat ini teknologi ini masih bersifat hipotetis.

Econews melansir, Senin (16/9/2024) konsep mesin mobil bertenaga thorium didasarkan pada penggunaan thorium, material radioaktif, sebagai bahan bakar. Secara prinsip, mesin ini menggunakan sedikit thorium untuk menghasilkan panas melalui proses fisi nuklir, yang kemudian diubah menjadi listrik untuk menggerakkan mobil. Berdasarkan beberapa studi, potensi teknologi ini sangat besar.



Beberapa orang berpendapat bahwa mobil bertenaga thorium bisa berjalan selama 30 tahun tanpa perlu diisi ulang. Thorium diklaim bisa menghasilkan lebih banyak energi dari 1 gramnya dibandingkan dengan 28.000 liter minyak bumi. Reaksi thorium menghasilkan limbah radioaktif yang lebih sedikit dibandingkan dengan fisi nuklir konvensional.

Namun, hingga saat ini belum ada model nyata dari mesin mobil bertenaga thorium. Meskipun ada beberapa proyek yang mengusulkan penggunaan bahan bakar ini, semua masih berada pada tahap konsep.

Thorium menjadi salah satu elemen kimia yang, secara teoretis, berinteraksi dengan radiasi Hawking, yaitu satu-satunya materi yang dapat "melarikan diri" dari lubang hitam, sesuai dengan postulat fisikawan tersebut di akhir hidupnya. Pengamatan fenomena ini hanya bisa dilakukan secara tidak langsung.



Satu gram thorium mengandung energi potensial hingga tiga juta kali lebih banyak daripada satu galon bensin. Meskipun estimasi ini menjanjikan, berbagai tantangan teknis membuat kelayakan mesin ini masih dipertanyakan.

Ide mobil bertenaga thorium populer belakangan ini, namun belum ada proyek nyata yang sedang berjalan. Misalnya, desain Cadillac World Thorium Fuel Concept yang dibuat pada 2009 oleh Loren Kulesus hanyalah konsep abstrak yang tidak dimaksudkan sebagai desain fungsional.

Laser Power Systems juga mengusulkan ide mobil bertenaga thorium, tetapi hingga kini belum ada prototipe nyata yang dihasilkan, dan teknologinya masih dalam tahap konsep.

Walaupun mesin bertenaga thorium belum mencapai tahap prototipe, NASA telah mempertimbangkan penggunaannya, meski bukan untuk mobil, melainkan untuk roket yang tidak dapat digunakan ulang. Kelemahan utama teknologi ini adalah biayanya yang sangat tinggi, dibandingkan dengan berbagai keuntungannya yang tidak sedikit.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)