Tesla Model 3 Terbakar saat Isi Ulang Baterai, Api Sulit Dipadamkan

Jum'at, 27 September 2024 - 07:56 WIB
loading...
Tesla Model 3 Terbakar...
Tesla Model 3 Terbakar. FOTO/ AUTOPRO
A A A
KAIRO - Tesla Model 3 terbakar saat sedang diisi ulang, insiden tersebut dilaporkan terjadi di sebuah supermarket di Yunani.



Seperti biasa, ketika sebuah mobil listrik terbakar, banyak 'pakar' online yang akan berdiskusi dan menarik kesimpulan. Apapun kebakaran kali ini bukan disebabkan oleh baterai EV itu sendiri.

Peristiwa ini terjadi pada 22 September lalu di Agia Paraskevi di luar kota Athena. Tesla Model 3 Highland sedang diisi ulang di stasiun pengisian sebelum kebakaran terjadi.

Seperti dilansir dari Daily Mail, hanya satu gambar adegan yang ditemukan dan diunggah oleh dionysis_bdroid di platform X. Terlihat jelas bagian belakang EV tersebut terbakar habis.

Kaca jendela yang pecah dan ban yang kempes menunjukkan betapa hebatnya panas yang ditimbulkan oleh kebakaran tersebut. Semuanya rusak termasuk stasiun pengisian itu sendiri.

Api berhasil dipadamkan seluruhnya oleh petugas pemadam kebakaran setempat dan mereka tidak mengalami kesulitan karena aki EV tidak terbakar. Namun penyebab kejadian tersebut masih belum diketahui.

Ada yang berpendapat bahwa kebakaran tersebut mungkin disebabkan oleh kabel charger yang rusak atau dari bagian adaptor.

Hasil studi beberapa peneliti menunjukkan bahwa kebakaran lebih sulit terjadi dibandingkan kendaraan listrik, namun jika terbakar maka perlu waktu untuk memadamkannya.

Sebagian besar petugas pemadam kebakaran telah dilatih untuk memadamkan api kendaraan listrik, namun tantangan terbesarnya masih berupa kebakaran yang melibatkan baterai. Proses pemadaman menjadi lebih sulit bila aki mobil terus terbakar berulang kali.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5165 seconds (0.1#10.140)