Gunakan Teknologi Tepat Guna, Layanan Posyandu Bisa Meningkat

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 18:42 WIB
loading...
Gunakan Teknologi Tepat Guna, Layanan Posyandu Bisa Meningkat
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana membangun sebuah aplikasi pencatatan perkembangan tumbuh kembang anak menggunakan teknologi tepat guna yang dapat diakses dari rumah. Foto/Ist
A A A
GUNAKAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA, LAYANAN POSYANDU DIJAMIN MENINGKAT - Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu merupakan layanan kesehatan pemerintah yang sampai sekarang tetap eksis melayani kesehatan ibu dan balita .

Salah satu kegiatan yang menonjol dari Posyandu adalah proses penimbangan bayi yang dilakukan secara berkala untuk melihat tumbuh kembang anak. (Baca juga: Benamkan Google OS, realme Smart TV Tawarkan Pengalaman Konten Tak Terbatas )

Selama ini proses pencatatan tumbuh kembang anak dilakukan periodik berdasarkan kunjungan orang tua dan balita dengan pencatatan secara manual. Pencatatan dilakukan melalui pengisian kolom pencataan dalam jumlah yang cukup banyak.

Menyikapi kondisi tersebut, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana membangun sebuah aplikasi pencatatan perkembangan tumbuh kembang anak menggunakan teknologi tepat guna yang dapat diakses dari rumah. Dengan adanya aplikasi tersebut, maka para ibu hanya tinggal mencatat tinggi dan berat badan anak melalui telepon genggam, dan data akan direkap dan menjadi bahan acuan para kader Posyandu untuk memantau perkembangan kesehatan balita di wilayahnya.

Aplikasi hasil kreasi salah satu dosen Fakultas Ilmu Komputer UMB ini telah dipaparkan dalam acara Diseminasi Hasil Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana TA 2019/2020. Kegiatan itu diselenggarakan oleh Pusat Pengabdian Pada Masyarakat UMB pada tanggal 25-26 Agustus 2020.

Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana, Inge Hutagalung, mengatakan, acara Diseminasi Hasil Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana TA 2019/2020 dilaksanakan sebagai wujud tanggungjawab sivitas akademika Universitas Mercu Buana dalam menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi, yakni melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya membantu masyarakat memecahkan permasaahan sosial yang dihadapi berdasarkan pendekatan akademik.

Sementara itu, dalam kata sambutannya, Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat 1, Agus Ramdani, menegaskan, manfaat kerja sama secara Pentahelix dengan Unit Pengabdian Pada Masyarakat UMB telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar kampus. Karena itu, untuk selanjutnya diharapkan dapat ditingkatkan dan terbina dengan baik di masa mendatang. (Baca juga: Imunisasi dan Posyandu Tetap Jalan di Tengah Pandemi COVID-19 )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5862 seconds (0.1#10.140)