Disesuaikan Selera Prabowo, Dalaman Maung Garuda Dilengkapi Fitur Canggih

Minggu, 20 Oktober 2024 - 21:17 WIB
loading...
Disesuaikan Selera Prabowo,...
Presiden Prabowo sapa warga Jakarta dengan menggunakan Maung Garuda. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden terpilih Prabowo Subianto terlihat gagah saat naik mobil Maung Garuda buatan PT Pindad usai dilantik dari Gedung DPR RI menuju Istana Kepresidenan. Tak hanya desain yang sangar Maung Garuda dilengkapi fitur-fitur digital canggih.



SUV kekar ini memiliki tulisan 'Garuda' ini merupakan MV3 Garuda Limousine yang merupakan varian pengembangan terbaru dari MV3 yang didesain dan dikembangkan untuk mengakomodir secara langsung arahan dari Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto.

Masuk ke bagian dalam, material yang digunakan adalah wood finish accents, dilengkapi kursi penumpang captain seat dengan pengaturan elektrik disertai leg rest serta limo touch control panel. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan Head Unit 12 inci, kamera 360°, led smart TV, cooled storage, dan portable WiFi.
Disesuaikan Selera Prabowo, Dalaman Maung Garuda Dilengkapi Fitur Canggih

Garuda memiliki bobot 2,95 ton dengan dimensi panjang 5,05 meter, lebar 2,06 meter, tinggi 1,87 meter. Mobil ini memiliki desain long wheelbase yang dapat memberikan kenyamanan dan ruang kabin lapang.

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengaku bangga atas penggunaan MV3 Garuda Limousine dalam momentum bersejarah. Ia menyampaikan apresiasi tinggi kepada Presiden RI karena senantiasa mendorong kemajuan industri pertahanan dalam negeri, khususnya PT Pindad.

“Tentunya kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami, MV3 Garuda Limousine, karya anak bangsa digunakan dalam momentum bersejarah dan dipercaya oleh Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto yang tiada henti memberi kepercayaan, men-challenge dan mendorong penggunaan produk buatan dalam negeri produksi Pindad untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya,” kata Abraham Mose.

PT Pindad mengungkap mobil ini dikembangkan khusus dari MV3 untuk kendaraan presiden dan wakil presiden RI. Pindad mengklaim mobil berkelir putih itu memiliki proteksi tinggi serta memberikan kenyamanan dengan material berkualitas serta fitur-fitur mutakhir.

Dari sisi eksterior, Garuda dilengkapi automatic footstep di bagian samping untuk memudahkan pijakan keluar masuk mobil. Logo Garuda melambangkan kekuatan dan gerak dinamis, terpampang mulai dari bagian grille hingga velg yang terlihat meskipun roda kendaraan sedang bergerak.
Disesuaikan Selera Prabowo, Dalaman Maung Garuda Dilengkapi Fitur Canggih

Grille-nya terinspirasi dari batik parang yang menggambarkan kearifan lokal sekaligus sebagai salah satu identitas bangsa. Di bagian belakang, dual exhaust diterapkan untuk meningkatkan performa kendaraan.

Sebagai kendaraan presiden, tersemat fitur keamanan yang tertanam pada seluruh area kendaraan. Mulai dari body dengan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi kaliber 7,62 x 51 mm NATO ball dan kaliber 5,56 x 45 mm M193, kaca antipeluru level B5/B6.

Tak lupa dilengkapi ban berukuran 21 inci dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)