Alibaba Guyur Grab Rp44,5 Triliun

Selasa, 15 September 2020 - 19:36 WIB
loading...
Alibaba Guyur Grab Rp44,5 Triliun
Menurut laporan Bloomberg, dikutip pada Selasa (15/9/2020), sebagian besar dari dana tersebut rencananya bakal digunakan untuk membeli saham Grab yang dimiliki oleh Uber. FOTO/ IST
A A A
HANGZHOU - Alibaba kabarnya sedang rajin menggelontorkan dana investasi. Salah satunya kepada perusahaan ride-hailing Grab, yang akan mendapat suntikan dana USD3 miliar atau sekitar Rp44,5 triliun.

Prosesnya saat ini masih dalam tahap pembicaraan. Menurut laporan Bloomberg, dikutip pada Selasa (15/9/2020), sebagian besar dari dana tersebut rencananya bakal digunakan untuk membeli saham Grab yang dimiliki oleh Uber.

Pada 2018 lalu, Uber angkat kaki dari pasar Asia Tenggara. Bisnisnya kemudian dijual kepada Grab. Dengan begitu, Uber memiliki sekitar 27,5% saham di Grab.

Di sisi lain, tidak hanya Grab, Alibaba juga dikabarkan telah menyiapkan strategi untuk membantu Lazada agar dapat bersaing dengan Shopee di Asia Tenggara.

Perusahaan besutan Jack Ma itu rencananya bakal memanfaatkan basis pengguna Grab yang cukup besar kepada Lazada. Artinya, layanan pemesanan kendaraan dan pengantaran makanan akan menggunakan Grab.

Raksasa e-commerce asal China iitu telah menyiapkan dana miliaran dolar untuk Lazada. Alibaba sebenarnya sudah memiliki sebagian besar saham besar di Lazada pada 2016.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2713 seconds (0.1#10.140)