Nissan Kicks e-Power Terobos Banjir? Cermati Syaratnya

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 09:47 WIB
loading...
Nissan Kicks e-Power Terobos Banjir? Cermati Syaratnya
Nissan Kicks e-Power sudah bisa dimiliki oleh konsumen Indonesia dengan harga Rp449 juta. Foto / IST
A A A
JAKARTA - Banyak pengguna mobil di Ibu Kota memaksa mobil mereka menerjang banjir yang kerap terjadi. Lalu bisakah pemilik mobil Nissan Kicks e-Power melakukan hal yang sama?

Pertanyaan itu mengemuka saat General Manager, Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Hana Maharani mengadakan siaran langsung bersama salah satu situs gaya hidup Ibu Kota baru-baru ini. Hana mengatakan mobil Nissan Kicks e-Power memang berbeda dengan mobil konvensional yang sudah ada saat ini karena menggunakan baterai sebagai tenaga penggeraknya. Sementara bensin yang dimiliki mobil itu bekerja sebagai generator yang mengisi tenaga ke baterai. (Baca juga : Renault Triber AMT Transmisi Otomatis Dijual Mulai Rp163 Juta )

Kehadiran baterai itu memang membuat masyarakat menduga perlakuan Nissan Kicks e-Power saat berada di jalan cukup berbeda. Terutama ketika menghadapi banjir atau genangan air. "Untuk banjir tergantung ya. Pada prinsipnya kita tidak menyarankan mobil untuk menerjang banjir. Dan itu bukan hanya untuk Nissan Kicks saja tapi semua mobil. Baiknya kita menggunakan common sense ketika menghadapi situasi seperti itu. Lihat dulu situasinya, bisa diterjang atau tidak," jelas Hana.

Maksud common sense itu menurut Hana adalah pemilik mobil Nissan Kicks terlebih dulu harus menganalisa kondisi genangan air atau banjir yang dihadapi. Jika memang masih dalam kondisi toleransi hal itu memang bisa dilakukan. Namun jika memang sudah terlalu dalam maka menghindar akan jadi lebih baik. "Kita tidak menyarankan jika genangannya terlalu dalam. Analisa dulu banjirnya seberapa dalam," ucapnya. (Baca juga : BMW Astra Rogoh Rp3 Miliar Untuk Kenormalan Baru Purna Jual )


Hana sendiri menjamin Nissan Kicks e-Power memang dibuat untuk segala kondisi keadaan. Saat dibuat di Jepang, mobil yang memberikan sensasi mobil listrik itu sudah menjalan banyak pengujian mulai dari crash test, sambaran petir, jalan rusak hingga genangan air. Baterai yang ada di Nissan Kicks e-Power juga didesain sebaik mungkin untuk terlindungi supaya kokoh dan aman. "Sebelum diluncurkan di pasar sudah menjalani banyak pengujian agar reliable dan durable," tegasnya.

Dia juga mengingatkan pemilik Nissan Kicks e-Power tidak terlalu khawatir dengan penggunaan baterai. Pasalnya Nissan memberikan garansi 100.000 kilometer atau 5 tahun untuk baterai. "Jadi konsumen tidak perlu pusing dengan biaya penggantian baterai," jelasnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)