General Motors Minta Izin Operasi Mobil Tanpa Pedal dan Setir

Kamis, 22 Oktober 2020 - 21:14 WIB
loading...
General Motors Minta Izin Operasi Mobil Tanpa Pedal dan Setir
General Motors dan Cruise meluncurkan Cruise Origin pada Januari lalu. Foto / Cruise
A A A
JAKARTA - General Motors dan Cruise baru-baru ini dilaporkan telah mengajukan izin operasional mobil tanpa pedal dan setir kepada pemerintah Amerika Serikat. Mereka berharap bulan depan mobil tanpa pedal dan setir yang dibuat oleh General Motors dan Cruise itu yakni Cruise Origin itu bisa berada di jalan-jalan Amerika Serikat.

Keinginan itu diajukan karena hingga kini General Motors dan Cruise sudah mendapatkan izin dari pemerintah kota California untuk menjalankan mobil yang bisa berjalan secara otonom itu. Nantinya Cruise Origin bisa berada di jalan-jalan wilayah San Fransisco.

Cruise Origin dikeahui pertama kali diluncurkan pada awal tahun ini. Mobil ini memang sama sekali tidak memiliki pedal dan palang kemudi. Ruangan interior fokus untuk ruangan penumpang. (Baca juga : Ini Rahasia Hummer EV Bisa Jalan Seperti Kepiting )

General Motors Minta Izin Operasi Mobil Tanpa Pedal dan Setir


Bisa dibilang kendaraan ini memiliki desain eksterior yang menyerupai dengan van atau shuttle bus, disertai pintu masuk tiga kali lebih besar dan lebih rendah dari mobil biasanya. Selain itu, setiap kursi penumpang memiliki ruang kaki ekstra dan diposisikan ke dalam untuk menghadap ke penumpang lain agar dapat saling mengobrol. The Origin hadir dalam pintu geser terbuka untuk memastikan keamanan pengendara lain, termasuk pengendara sepeda.

Mobil otonom ini dapat dioperasikan dan menjemput penumpang melalui aplikasi Cruise, sepenuhnya ditenagai oleh platform listrik yang dikembangkan oleh GM. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur sensor bertenaga AI yang dirancang untuk mendeteksi dan menghindari orang serta benda di sekitarnya dalam segala kondisi cuaca. (Baca juga : Lokalan Malaysia, Head Unit Xpander Lebih Keren dari Indonesia )


General Motors Minta Izin Operasi Mobil Tanpa Pedal dan Setir


Sementara menunggu keputusan pemerintah Amerika Serikat, General Motors dan Cruise juga melakukan pencabutan mencabut petisi yang diajukan ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) yang dibuat pada Januari 2018. Saat itu mereka berupaya meminta persetujuan mengerahkan sejumlah kendaraan otonom serupa berdasarkan platform Chevrolet Bolt.

Hanya saja hal itu berjalan berlarut-larut. NHTSA, masih meninjau petisi dari GM sebelum meminta komentar publik. Hal ini tentu diperkirakan menghambat keinginan General Motors dan Cruise untuk secepat mungkin mengadakan ujicoba.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3188 seconds (0.1#10.140)