Gelombang Kedua Elektrifikasi, Truk Super Bertenaga Listrik

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 11:29 WIB
loading...
Gelombang Kedua Elektrifikasi, Truk Super Bertenaga Listrik
Hummer EV menjadi truk listrik bertenaga super yakni 1.000 daya kuda. Foto / GMC
A A A
JAKARTA - Gelombang elektrifikasi akhirnya muncul juga. Setelah gelombang pertama hadir dengan ditandai semakin banyaknya mobil listrik yang merangkak di berbagai jalan di dunia, kini gelombang kedua elektrifikasi telah tiba dengan hadirnya truk-truk super bertenaga listrik.

Hadirnya Hummer EV yang diluncurkan oleh General Motors (GM) beberapa waktu lalu makin menegaskan era super truk listrik memang telah tiba. Truk-truk itu tidak hanya bisa bergerak secepat kilat tapi juga memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh truk-truk yang sudah ada. (Baca juga : Mobil Super Pagani Huayra Bisa Diperbaiki Pakai Ponsel Pintar )

Memang kehadiran mereka masih belum semasif mobil-mobil listrik penumpang yang telah lebih dulu ada. Tapi setidaknya kehadiran super truk listrik itu berhasil mengubah konsep masyarakat banyak akan kendaraan komersial ringan yang begitu populer di Amerika Serikat, Thailand dan Australia itu.

"Perkembangan truk hampir selalu sama sebelumnya, bahkan seperti satu abad sebelumnya masih begitu-begitu saja," ucap Elon Musk kala meluncurkan Tesla Cybertruck setahun lalu. (Baca juga : Kecepatan Mobil Volvo Baru Tak Bisa Tembus 180 Kilometer per Jam )

Saat itu desain Tesla Cybertruk memang sangat tidak biasa. Pendapat orang terbelah ada yang mengatakan desain Tesla Cybertruck terkesan seadanya. Di sisi lain banyak yang mengapresiasi desain yang dianggap keluar dari zona nyaman. Dan memang bukan Tesla Cybertruck saja yang punya desain fantastis. Berikut ini adalah beberapa truk super yang mengawali gelombang kedua elektrifikasi.

Gelombang Kedua Elektrifikasi, Truk Super Bertenaga Listrik


Tesla Cybertruck

Tesla Cybertruck hadir dengan desain yang tidak biasa. Pickup double cabin ini bisa berakselerasi dari 0-60 mil per jam (0-96 km per jam) hanya dalam waktu 2,9 detik. Elon Musk akan mulai produksi Cybertruck pada akhir 2021. Yang menarik Tesla Cybertruck diklaim memiliki ketahanan lapis peluru di seluruh badan mobil termasuk kaca mobil. Namun saat peluncuran hal itu jadi kontroversi karena kaca Tesla Cybertruck retak ketika dicoba dilempar oleh bola baja.

Gelombang Kedua Elektrifikasi, Truk Super Bertenaga Listrik



Hummer EV
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2605 seconds (0.1#10.140)