Edan, 2 Truk Listrik Taklukkan Jalur Gunung 4.300 MDPL

Jum'at, 06 November 2020 - 07:08 WIB
loading...
Edan, 2 Truk Listrik Taklukkan Jalur Gunung 4.300 MDPL
Dua truk listrik buatan PACCAR berhasil menaklukkan jalur gunung Pikes Peak di Colorado, Amerika Serikat. Foto / PACCAR
A A A
COLORADO - Dua truk listrik buatan PACCAR sukses menaklukkan gunung Pikes Peak yang ada di Colorado, Amerika Serikat. Gunung Pikes Peak diketahui merupakan gunung yang istimewa buat pecinta otomotif. Pasalnya setiap tahun di gunung itu diadakan perlombaan adu cepat nanjak ke atas puncak gunung. Dimana semua mobil yang ada baik bensin, diesel dan listrik berlomba jadi yang paling cepat.

Hanya saja jarang ada truk atau truk listrik berhasil nanjak hingga ketinggian 4.300 meter di atas permukaan laut itu (MDPL). Alhasil dua truk listrik buatan PACCAR, Kenworth T680 dan Peterbilt Model 579EV jadi truk pertama yang dengan kategori Class 8 Zero Emission yang mampu menguasai gunung Pikes Peak. (Baca : Bentley Ogah Ikut Langkah Ferrari, Siap Fully Electric )

Kedua truk itu berhasil mengatasi 156 tikungan maut yang ada di gunung Pikes Peak. Mereka juga mampu menjalani tingkat elevasi yang mencapai 4.700 kaki yang ada hingga ke puncak. "Kami sangat bangga dengan capaian Kenwoth dan Peterbilt. Menaklukkan Pikes Peak mendemonstrasikan keunggulan PACCAR dalam membuat mobil komersial yang sudah terelektrifikasi," ucap Kyle Quinn, Chief Technology Officer PACCAR.

Diketahui truk Kenworth T680 adalah truk yang digerakkan melalui teknologi Fuel Cell Electric yang memiliki tenaga 470 daya kuda. Truk ini menggunakan teknologi fuel cell yang dikembangkan oleh Toyota.

"Kenworth T680 mencetak prestasi yang membanggakan buat kami. Dalam beberapa bulan ke depan truk fuel cell ini akan bekerja di pelabuhan Los Angeles," ucap Kevin Baney, Vice President PACCAR.

Sementara truk Peterbilt 579EV merupakan truk listrik yang dibuat untuk mengangkut beban super berat. Truk itu menggunakan baterai Lithium Iron Phospate yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 670 daya kuda. Baterai itu bisa diiisi penuh dalam waktu 3 jam. (Baca juga : Nissan Navara Facelift, Makin Sangar Makin Amerika )
PACCAR mengaku saat ini sudah memproduksi sebanyak 22 unit Peterbilt 579EV dan telah digunakan secara penuh. Truk listrik itu telah teruji hingga 80.000 kilometer untuk membuktikan ketahanan teknologi listriknya.

"Menaklukkan gunung ini semakin membuktikan ketangguhan dari Peterbilt 579EV. Truk ini jadi yang pertama di kelasnya mencapai prestasi itu. Kami berhasil mendemonstrasikan kekuatan kami dalam membuat mobil komersial yang telah terelektrifikasi untuk semua kondisi," ucap Jason Skoog, Vice President PACCAR.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)