Pilihan Tempat untuk Rapid Test, Alternatif Jika Rumah Sakit Penuh

Jum'at, 20 November 2020 - 06:32 WIB
loading...
Pilihan Tempat untuk Rapid Test, Alternatif Jika Rumah Sakit Penuh
Ilustrasi pencegahan COVID-19 Rapid Test. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Bepergian di era pandemi corona, orang-orang perlu memastikan kesehatannya terlebih dahulu sebelum berangkat. Salah satu syarat utama yang diperlukan untuk bisa naik transportasi umum seperti halnya kereta api, pesawat terbang, atau kapal adalah surat bebas COVID-19 yang didapatkan salah satunya dengan melakukan rapid test. BACA JUGA - Mirip di Palu, Fenomena Alam Menakutkan 'Likuifaksi' Guncang Irlandia

Selama ini tempat yang banyak digunakan untuk rapid test adalah berbagai rumah sakit. Karena memang memiliki alat yang lengkap dan cukup canggih. Ditambah lagi ada aplikasi online yang dapat dimanfaatkan untuk daftar rapid test secara online. Misalnya saja Okadoc. BACA JUGA - Berdenyut 26 Detik Sekali, Ahli Sebut Bumi dalam Keadaan Genting

Bagi Anda yang masih sangat asing dengan Okadoc, ini merupakan sebuah perusahaan teknologi bidang kesehatan yang sudah menggandeng banyak sekali rumah sakit di Indonesia untuk rapid test. Jika hanya ingin pesan rapid test, bisa memanfaatkan Okadoc. Anda hanya perlu daftar secara online saja, tidak perlu antre yang malah membuat resiko persebaran corona makin tinggi.

Tinggal memiliki akun saja di Okadoc, lalu pilih jam yang sesuai dengan yang diinginkan. Kemudian bayar menggunakan dompet virtual seperti halnya Ovo atau Gopay dan juga bank transfer. Jika jadwal rapid test lewak Okadoc sudah terkonfirmasi, Anda akan mendapatkan notifikasi lewat SMS atau aplikasi agar tidak kelewatan tanggal melakukan tes sesuai yang dipilih di awal.

Nantinya tinggal datang ke rumah sakit yang sudah dipesan. Lakukan tes seperti biasanya, lalu Anda akan mendapatkan surat bebas COVID-19 jika semuanya sehat. Sudah bisa bepergian, gampang sekali bukan.

Selain rumah sakit, ada banyak juga pilihan tempat yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi rapid test.
Drive Thru

Sebenarnya pihak-pihak yang melakukan layanan rapid test drive thru juga rumah sakit. Namun lokasinya tidak berada di rumah sakit. Bisa di beberapa lokasi yang ditunjuk. Dan ini tentunya memudahkan Anda terbebas dari kerumunan di rumah sakit. Sudah banyak rumah sakit di Tanah Air yang memberikan layanan rapid test secara drive thru.

Contohnya saja adalah Mitra Keluarga, Rumah Sakit Bethsaida, RS Hermina Pekanbaru, dan lain sebagainya.

Bandara

Lokasi pertama yang menyediakan rapid test adalah bandara. Sebenarnya ini sejalan dengan peraturan pemerintah yang mengharuskan penumpang memiliki surat bebas corona. Maka dari itulah banyak bandar udara di Tanah Air yang menyediakan layanan rapid test.
Misalnya saja Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta, Bandara Internasional Yogyakarta Adisutjipto Jogja, dan masih banyak lagi tempat lainnya. Untuk biayanya sendiri, biasanya mulai dari Rp 90 ribuan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2181 seconds (0.1#10.140)