Membongkar rahasia Lamborghini Huracan STO yang Jago Ngibrit di Sirkuit

Kamis, 19 November 2020 - 11:00 WIB
loading...
Membongkar rahasia Lamborghini Huracan STO yang Jago Ngibrit di Sirkuit
Lamborghini fokus membuat Lamborghini Huracan STO agar prima saat berada di sirkuit. Hanya saja mobil itu masih bisa digunakan untuk aktivitas harian. Foto / Autoblog
A A A
JAKARTA - Lamborghini akhirnya merilis secara resmi Lamborghini Huracan STO baru-baru ini. Mobil sport itu dihadirkan oleh Lamborghini dengan tujuan khusus yakni ngibrit di sirkuit. Misi itu jadi misi khusus buat Lamborghini apalagi baru-baru ini Mercedes-AMG berhasil mengalahkan Lamborghini sebagai mobil sport tercepat dalam mengelilingi Sirkuit Nurburgring di Jerman.

Dari segi tenaga, Lamborghini Huracan STO memang lebih ekstrem dibanding Lamborgini Huracan lainnya yang juga punya tenaga yang sangat kuat, Lamborgini Huracan Performante. (Baca juga : Saudara Kembar Toyota 86 Punya Wajah dan Tenaga Baru )

Sama-sama menggunakan mesin V10 dengan kapasitas silinder 5,2 liter, Lamborghini Huracan STO memiliki tenaga maksimal 640 daya kuda sementara Lamborghini Huracan Performante tenaganya mencapai 630 daya kuda. Sebaliknya torsi maksimal Lamborghini Huracan STO justru lebih kecil yakni 417 pound feet sedangkan Lamborghini Huracan Performante memiliki torsi maksimal 443 pound feet.

Dan memang Lamborghini Huracan STO bukan dibuat untuk mencapai kecepatan tertinggi. Menariknya lagi Lamborghini Huracan STO hanya hadir dalam sistem penggerak roda belakang. Sangat berbeda dengan Lamborghini Huracan lainnya yang All Wheel Drive. DI mobil ini juga hadir mode baru yakni STO atau singkatan dari Super Trofeo Omologata.

Seperti disebutkan di awal Lamborghini Huracan STO justru fokus pada kemampuan berlari mengelilingi sirkuit dengan cepat. Dia harus ngibrit sekencang-kencangnya di sirkuit. Untuk itu Lamborghini harus merealisasikan berbagai rahasia yang mereka siapkan untuk mewujudkan misi itu.

Rahasianya adalah fokus pada peningkatan sistem aerodinamika khusus dan pemangkasan bobot mobil di mobil itu. Hasilnya, Lamborghini Huracan STO 43 kilogram lebih ringan dibandingkan Lamborghini Huracan Performante. Agar mobil jadi lebih ringan, Lamborghini membungkus 75 persen body mobil dengan serat karbon. (Baca juga : Bugatti Chiron pur Sport Jadi Mobil Paling Boros di Amerika )

Membongkar rahasia Lamborghini Huracan STO yang Jago Ngibrit di Sirkuit


Material mobil juga banyak yang diganti agar banteng ngamuk ini lebih ringan dalam berlari contohnya mengganti velg aluminium alloy yang ada di Lamborghini Huracan Performante dengan velg magnesiun.

Pemangkasan berat badan juga dilakukan di bagian interior. Jok mobil sport materialnya diubah dengan jok mobil serat karbon. Mereka bahkan tega mengganti karpet mobil yang mahal dengan karpet serat karbon. Panel-panel pintu juga dibungkus dengan karbon. Nah agar interior tetap terasa premium, seluruh permukaan dashboard dan bagian lainnya dilapisi oleh kulit carbon yang bernuansa Alcantara.

Membongkar rahasia Lamborghini Huracan STO yang Jago Ngibrit di Sirkuit
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1469 seconds (10.55#12.26)