Serba Virtual, Korlantas Polri Siap Gelar IT Road Safety Expo 2020

Sabtu, 21 November 2020 - 11:43 WIB
loading...
Serba Virtual, Korlantas Polri  Siap Gelar IT Road Safety Expo 2020
Ilustrasi teknologi virtual yang saat ini digandrungi di masa pandemi. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Korlantas Polri akan menyelenggarakan kegiatan IT Road Safety Expo 2020 pada tanggal 24 – 26 November 2020 di Aula Djajoesman, Korlantas Polri, Jakarta.

Dalam kegiatan tersebut, juga akan dilakukan soft launching “RasiRosa Korlantas” (literasi road safety) dan pemberian penghargaan IT Road Safety Award yang diberikan kepada Polda dan Polres/Polresta, yang dinilai banyak melakukan inovasi dan telah menjalankan berbagai aplikasi yang terkait IT Road Safety.

Kapolri Jenderal Pol. Drs Idham Azis, M.Si dijadwalkan untuk memberikan Keynote Speech, dalam kegiatan IT Road Safety Expo yang akan dibuka oleh Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol. Drs. Istiono, MH (KaKorlantas), pada hari Selasa pukul 09.00 – 10.30 WIB.

Dalam Seminar IT Road Safety 2020 yang bertema “Standardisasi dan Integrasi Sistem TI Korlantas Polri”, ada beberapa Pakar dan Narasumber yang akan hadir menjadi Pembicara. Diantaranya adalah Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri, Brigjen Pol. Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si yang akan membahas manajemen integrasi sistem TI Korlantas Polri. Narasumber lain, Bapak Prof. Dr.-Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng. dari Universitas Indonesia sekaligus Dewan Pengawas IdPRO, yang akan mengupas tentang “Strategi Pengelolaan Big Data”, serta Ketua Asosiasi Intelligence Transport System Indonesia, Dr. Ir. Resdiansyah ST MT IPM.
Serba Virtual, Korlantas Polri Siap Gelar IT Road Safety Expo 2020

Selain itu, banyak Pembicara dari Implementator/TI di Korlantas Polri dan beberapa Vendor/Principal TI yang akan sharing menjadi pembicara dan mendemostrasikan kemajuan teknologi TI yang terkait Road Safety, dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut.

KaKorlantas Polri, Irjen Pol. Istiono menegaskan bahwa modernisasi TI di Korlantas Polri, dilakukan untuk meningkatkan kecepatan, keakuratan, keefektifan, dan transparansi pelaksanaan tugas-tugas Korlantas Polri sehingga daya dukung Kepolisian/Korlantas Polri kepada negara, pemerintah, dan masyarakat, makin meningkat.

Selain itu, dengan dilakukannya modernisasi TI, diharapkan “trust/kepercayaan” masyarakat dan para pemangku kepentingan kepada Korlantas Polri dalam memberikan layanan dan menjalankan tugas-tugasnya, dapat terjaga dan terus membaik.

“Oleh karenanya, saya berharap semua pihak dapat mendukung modernisasi TI di Korlantas Polri secara efektif dan transparan, mengingat teknologi TI / digital berkembang dan berubah sangat cepat. Dan tentu, modernisasi TI Korlantas juga diharapkan bisa terintegrasi dan mendukung Smart City dan percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” ujar KaKorlantas Polri, Irjen Pol. Istiono

Korlantas Polri, saat ini sedang mengembangkan Smart Management, agar seluruh rangkaian aplikasi dapat dikonsolidasikan dan diintegrasikan secara efektif dan efisien. Sistem inputing data yang menjadi variable kunci dari IT Road Safety mulai satuan kerja Polres, Polda, teritegrasi dengan sistem yang terpusat dari berbagai metode inputing dan jenis data (baik manual maupun automatis). Demikian, ditegaskan oleh Direktur Kamsel Korlantas Polri, Brigjen Pol. Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si.

Smart Management di Korlantas, lanjut Chryshnanda, merupakan sistem-sistem elektronik atau sistem online yang saling terhubung, berbasis kepada Back Office Application, yang juga memanfaatkan Artificial Intelligent (AI), Internet of Things (IoT) dan IT Network. Di sini semuanya saling bersinergi.

IT Road Safety Expo, merupakan ajang sosialisasi dan edukasi untuk masyarakat dan para pemangku kepentingan akan pentingnya membangun budaya tertib berlalu lintas. “Kita ingin menunjukkan bahwa TI merupakan suatu keniscayaan dan keharusan, untuk membangun dan mencapai tujuan dari Road Safety agar lalu lintas aman, selamat, tertib, lancar. Dengan hal tersebut, harapannya kita dapat meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan, terbangun budaya tertib. Selain itu, agar kita dapat memberikan pelayanan yang prima, yang dapat diakses dengan cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, mudah diakses, dengan algoritma yang menghasilkan info grafis, stastistik dan virtual, sehingga dapat melakukan prediksi, antisipasi, dan solusi yang on time, real time, dan any time,” jelas Chryshnanda.

Ketua Panitia Penyelenggara IT Road Safety Expo 2020, Kombes Pol. Arman Achdiat, SIK, M.Si, Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri, menjelaskan bahwa selain diikuti secara virtual/daring oleh seluruh jajaran Korlantas hingga di daerah, kegiatan IT Road Safety Expo ini dapat diikuti oleh masyarakat umum, komunitas otomotif, komunitas TI/digital, produsen kendaraan, dan peralatan keamanan berkendara atau semua pihak yang terkait dengan program Road Safety di Indonesia, melalui zoom
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)