Superbike Kawasaki Resmi Meluncur, Makin Mirip Kawasaki H2

Rabu, 25 November 2020 - 12:00 WIB
loading...
Superbike Kawasaki Resmi Meluncur, Makin Mirip Kawasaki H2
Kawasaki resmi meluncurkan Kawasaki ZX-10R dan Kawasaki ZX-10RR. Motor super ini memiliki banyak perubahan desain dibanding model lawas. Foto / Kawasaki
A A A
JAKARTA - Kawasaki ZX-10R sebenarnya sudah terlihat di depan umum saat melakukan pengujian di sebuah sirkuit beberapa waktu lalu. Namun baru hari ini Kawasaki secara resmi menghadirkan pasangan Kawasaki ZX terbaru yakni Kawasaki ZX-10RR dan Kawasaki ZX-10R. (Baca juga : Tak Siap Mobil Listrik, GM Siapkan Uang Cerai Rp6,9 Miliar )
Kedua motor ini memiliki tugas yang berbeda. KawasakiZX-10R difokuskan untuk kegunaan motor harian dengan limpahan tenaga bak motor superbike sedangkan Kawasaki ZX-10RR, juga merupakan superbike harian, namun bisa digunakan untuk kompetisi karena dilengkapi dengan opsi penambahan komponen guna mendongkrak performa.

Superbike Kawasaki Resmi Meluncur, Makin Mirip Kawasaki H2


Mesin ini tetap menggunakan mesin dengan kapasitas silinder 998 cc. Bedanya dengan mesin lama, mesin ini sudah comply dengan regulasi emisi Euro 5. Meski demikian tenaga kedua motor ini tetap besar meski mengikuti regulasi yang ketat.

Kawasaki ZX-10R memiliki tenaga 203 daya kuda dan torsi maksimal 114,9 Nm. Tenaga bisa terdongkrak hingga 213 daya kuda jika menggunakan Ram Air. Sementara Kawasaki ZX-10RR memiliki tenaga 204 daya kuda dan torsi maksimal 111,8 Nm. Dengan menggunakan Ram Air tenaga bisa terdongkrak hingga 214 daya kuda.

Seiring dengan tren penggunaan winglet, Kawasaki mulai mengintegrasikan bagian depan motor super tersebut dengan winglet. Pengintegrasian itu membuat kedua motor jadi mirip dengan motor hyper Kawasaki yakni Kawasaki H2. Kawasaki mengatakan desain baru di bagian depan dan saluran udara baru aan membuat ban depan motor akan tetap menapak aspal dengan sempurna saat berakselerasi super kencang.

Superbike Kawasaki Resmi Meluncur, Makin Mirip Kawasaki H2


Selain itu Kawasaki merevisi ulang rasio gigi kedua motor. Kali ini rasio gigi 1 hingg 3 dibuat lebih pendek untuk mendapatkan akselerasi yang kuat dari putaran rendah hingga menengah. Akselerasi awal makin menggiurkan karena motor ini dilengkapi dengan launch control agar tidak ada energi yang terbuang saat start awal.

Motor ini juga dilengkapi dengan quick shifter, sebagai fitur standar. Untuk engine braking dan pendistribusian tenaga dilakukan melalui perangkat lunak baru. (Baca juga : Porsche Taycan Sukses Cetak Rekor Drifting Marathon 55 Menit )

Untuk suspensi, Kawasaki menggunakan suspensi Showa dengan Balnce Free Front Fork (BFF) di bagian depan dan Balance Free Rear Cushion (BFRC) monoshock di bagian belakang. Untuk piranti pengereman, Kawasaki masih menggunakan Brembo M50 Monobloc dengan kaliper ganda 330 mm di bagian depan dan single kaliper 250 mm di bagian belakang.

Superbike Kawasaki Resmi Meluncur, Makin Mirip Kawasaki H2


Untuk mode berkendara terdapat empat pilihan yakni Sport, Road Rain dan Rider. Motor ini juga tergolog canggih karena dilengkapi Electronic Cruise Control sebagai fitur standar dan konektivitas dengan ponsel pintar.

Untuk harga, kedua motor ini dibanderol d angka USD16.399 atau setara Rp229 juta untuk Kawasaki ZX-10R Non ABS, USD16.699 atau setara Rp233,2 juta untuk Kawasaki ZX-10R Non ABS dengan Livery KRT, USD17.399 (Rp242,9 juta) untuk Kawasaki ZX-10R ABS, dan USD17.699 (Rp247,1 juta) untuk Kawasaki ZX-10R ABS dengan Livery KRT. Sementara Kawasaki ZX-10RR dibanderol di harga USD28.299 atau setara Rp395,2 juta.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3135 seconds (0.1#10.140)