Carsome Tumbuh 300% dan Bantu 100 Ribu Pedagang Mobkas, Bukti Pasar Mobkas Masih Menjanjikan

Kamis, 26 November 2020 - 21:40 WIB
loading...
Carsome Tumbuh 300% dan Bantu 100 Ribu Pedagang Mobkas, Bukti Pasar Mobkas Masih Menjanjikan
Carsome optimistis industri mobkas akan bangkit lagi di 2021. Bahkan mereka sudah menyiapkan sederet layanan baru.
A A A
JAKARTA - Pasar mobil bekas di Indonesia masih menjanjikan, seiring penjualan mobil baru mulai terkerek naik.

Hal itu disampaikan Delly Nugraha, General Manager Indonesia Carsome Indonesia dalam diskusi bersama media, Kamis (26/11). Sebelum bergabung dengan Carsome, Delly merupakan Vice President of Central Java & Yogyakarta dan Head & Vice President National SMB Key Account di Gojek.

Carsome Tumbuh 300% dan Bantu 100 Ribu Pedagang Mobkas, Bukti Pasar Mobkas Masih Menjanjikan

Menurut Delly, Carsome telah meningkatkan penjualannya sebanyak dua kali lipat dari sebelum pandemi. Bahkan, pertumbuhan mobil bekas yang terjual lewat Carsome meningkat hampir 300% quarter-on-quarter pada kuartal ketiga tahun ini.

”Mengingat pandemi dan resesi ekonomi yang terjadi, pertumbuhan Carsome ini menjadi pertanda baik bagi industri otomotif, khususnya pasar mobil bekas,” beber Delly.

Ia mengatakan, pasar mobil bekas memang sempat terkena dampak pandemi Covid-19. Namun sudah mulai menunjukkan pertumbuhan kembali sejak beberapa bulan terakhir. ”Bisa dibilang pasar mobil bekas rebound cepat sekali. Dan kami yakin pasar mobil bekas akan kembali pulih dan membaik di 2021,” ujarnya.



Carsome memang pemain baru di layanan aplikasi mobil bekas. Setelah lima tahun, mereka mengaku sudah membantu 100.000 penjual mobil di Asia Tenggara. Tepatnya, di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Singapura.

Pada November 2020, Carsome berkembang dari tim lima orang menjadi seribu orang yang tersebar di lebih dari 50 kota di lima negara.

Tahun ini, Carsome juga meluncurkan beberapa produk teknologi, yaitu aplikasi CARpartner dan CARdealer (sebelumnya dikenal sebagai CarsomeGO) untuk lebih mempermudah dan mempercepat proses pencarian informasi mobil bekas dan kenyamanan bertransaksi yang diperuntukan bagi para dealer mobil bekas.

Strategi Carsome untuk menjangkau pasar di Indonesia memang unik. Mereka berupaya memberi penawaran kepada dealer dan konsumen.

Bagi dealer mobil bekas ada reward berupa voucher diskon hingga satu juta rupiah dengan minimal pembelian tertentu. Bagi konsumen, Carsome juga menyediakan program mereferensikan teman dengan hadiah hingga satu juta rupiah setelah menyelesaikan transaksi. ”Dan semuanya bisa dilakukan di aplikasi, tidak perlu datang ke dealer mobil bekas tertentu,” ujarnya.

Mereka juga sedang menyiapkan layanan untuk menjual kembali mobil bekas yang dijual di platform mereka kepada konsumen. ”Jadi nanti layanan kami akan jadi C to B to C,” beber Delly. Yang jelas, ia sangat optimistis dengan pasar mobkas di Indonesia. ”Menurut catatan kami, konsumen Indonesia ingin menjual mobil mereka setelah 2-3 tahun. Jadi, ruang untuk tumbuh sangat besar. Yang kami harus terus lakukan adalah meningkatkan kepercayaan konsumen,” bebernya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2574 seconds (0.1#10.140)