Bukan Bangkrut, Harley-Davidson Sewakan Pabrik Untuk Jualan Listrik

Jum'at, 27 November 2020 - 08:31 WIB
loading...
Bukan Bangkrut, Harley-Davidson Sewakan Pabrik Untuk Jualan Listrik
Motor listrik Harley-Davidson Livewire merupakan satu-satunya motor listrik yang dibuat Harley-Davidson. Foto / IST
A A A
WISCONSIN - Bukan karena mengalami penjualan yang tidak begitu besar atau mengalami kebangkrutan, Harley-Davidson melakukan strategi unik dalam memanfaatkan secara komersial pabrik mereka.Baru-baru ini mereka bekerja sama dengan sebuah lembaga, We Energy untuk pemasangan panel surya di pabrik mereka yang ada di Wisconsin, Amerika Serikat. (Baca juga : Suksesor Lamborghini Aventador Tetap Gunakan Mesin Lama )

Bukan Bangkrut, Harley-Davidson Sewakan Pabrik Untuk Jualan Listrik


Tidak tanggung-tanggung seluruh atap bangunan pabrik diganti dengan panel surya. Total ada 8.400 panel surya terpasang di atap bangunan pabrik. Dari seluruh panel surya itu akan terkumpul energi listrik sebesar 2,25 megawatt. Diperkirakan energi listrik sebesar itu mampu menyupai kebutuhan listrik 400 rumah. "Kami sangat bangga bisa bekerja sama dengan Harley di proyek ini," ucap Tom Metcalfe, Presiden We Energies.

Dia mengatakan proyek pemasangan panel surya di pabrik Harley-Davidson merupakan rangkaian upaya We Energies dalam menyediakan energi listrik yang murah bagi masyarakat. Mereka melihat saat ini energi listrik yang digunakan oleh masyarakat umum masih sangat mahal. Selain itu proses produksi energi listrik masih menyisakan jejak karbon yang panjang.

We Energies sendiri menargetkan pada 2050 mereka akan mampu menghasilkan energi listrik bebas karbon. Selain itu pada 2025 mereka akan bisa menekan emisi karbon dioksida sebesar 55 persen dan kembali ditingkatkan hingga 70 persen pada 2030. "Menekan emisi merupakan salah satu kunci unutk menyiapkan masa depan yang berkesinambungan dan cerah," jelasnya.

Bagi Harley-Davidson, pemasangan panel surya itu justru bermanfaat besar buat mereka. Pasalnya selain mendapatkan biaya sewa yang menarik, kebutuhan listrik mereka di pabrik itu juga disuplai oleh panel surya tersebut. (Baca juga : Ngebut di Tol Cipali, Awas Intaian Speed Gun Menanti )

Uniknya untuk elektrifikasi, Harley-Davidson sendiri masih belum begitu banyak mengalami kemajuan pesat. Produk motor listrik mereka hanya sebatas Harley-Davidson Livewire yang hingga kini masih belum begitu bisa diterima oleh masyarakat luas.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)