Cuma Modal Bluetooth Rp4,2 Juta, Pencuri Sudah Bisa Bobol Tesla Model X

Jum'at, 27 November 2020 - 15:39 WIB
loading...
Cuma Modal Bluetooth Rp4,2 Juta, Pencuri Sudah Bisa Bobol Tesla Model X
Peretas hanya perlu menulis ulang firmware dari kunci fob melalui koneksi Bluetooth dan dan dalam waktu singkat Tesla Model X sudah bisa dibawa kabur dari pemiliknya. Foto/Ist
A A A
CALIFORNIA - Cuma bermodal perangkat seharga Rp4,2 juta, seseorang dengan niat jahat bisa mencuri mobil seharga Rp2,6 miliar. (Baca juga: Arcandra Tahar Bongkar Rahasia Sukses Gojek, Facebook, Tesla, Spotify, dan Alibaba )

Ya, celah keamanan berbahaya ditemukan pada mobil listrik Tesla Model X yang punya banderol harga Rp2,6 miliar. Lennert Wouters, peneliti keamanan dari Universitas KU Leuven Belgia, menjelaskan, celah tersebut ditemukan pada kunci fob yang berfungsi untuk menyalakan mobil secara nirkabel.

Peretas hanya perlu menulis ulang firmware dari kunci fob tersebut melalui koneksi Bluetooth. Sim salabim, dalam waktu singkat Tesla Model X sudah bisa dibawa kabur dari pemilik sahnya.

Selain itu, Wouters juga menjelaskan, alat yang dibutuhkan untuk aksi pencurian ini bahkan tidak mahal. Modal yang dikeluarkan cukup USD300 atau sekitar Rp4,2 juta saja.

Tak hanya itu, Wouters juga mengaku dapat merakit alat khusus yang dapat dikendalikan melalui ponsel untuk membobol kunci Tesla Model X.

Dia dapat menulis ulang firmware di dalam kunci tersebut untuk membuat kunci palsu. Alhasil, hanya dalam waktu 90 detik saja, mobil listrik tersebut berhasil diretas.

Di sisi lain, Tesla sendiri memang mendesain kunci fob Model X untuk dapat menerima pembaruan firmware secara over-the-air melalui koneksi Bluetooth. Koneksi itu menghubungkan kunci dengan komputasi yang ada di dalam mobil secara nirkabel. Inilah titik lemah yang bisa dibobol.

"Pada dasarnya, kombinasi dua celah keamanan yang ditemukan pada Tesla Model X memungkinkan peretas untuk mengambil alih kendali mobil dalam waktu beberapa menit saja," ungkap Wouters, dikutip dari Wired, Jumat (27/11/2020). (Baca juga: Tesla Cybertruck Jadi-jadian dari Selandia Baru Terjual Rp13,9 Juta )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3593 seconds (0.1#10.140)