Survei Mengatakan Motor Transportasi Paling Aman di Masa Pandemi

Minggu, 29 November 2020 - 22:30 WIB
loading...
Survei Mengatakan Motor Transportasi Paling Aman di Masa Pandemi
Petugas di kota Dhaka, Bangladesh tengah memeriksa masker para pengendara sepeda motor di kota Dhaka, Bangladesh. Foto / Dhaka Tribune
A A A
DHAKA - Banyak masyarakat menggunakan moda transportasi pribadi saat pandemi Covid-19. Namun berdasarkan survei "Intergenerational Perpesctive of Travel Behaviour" yang dilakukan di kota Dhaka, Bangladesh baru-baru ini menyebutkan bahwa sepeda motor adalah sarana transportasi yang paling aman di masa pandemi Covid-19.

Penggagas survei, Shayla Jamal PhD, yang juga merupakan mahasiswa dari McMaster University, Kanada menggunakan sampel 300 orang warga Dhaka, Bangladesh. Ratusan warga Dhaka itu datang dari berbagai profesi seperti guru, buruh, karyawan harian dan masyarakat biasa lintas sektoral dan sosial ekonomi.

Dari survei itu diketahui, 75 persen menyatakan sangat tidak mungkin bagi mereka untuk menggunakan transportasi umum untuk bekerja.Ketidakpercayaan itu terjadi karena sulitnya menjaga jarak secara fisik dan sosial di dalam transportasi umum. (Baca juga : Hyundai Kona dan Renault Zoe Jadi Mobil Paling Hijau versi Green NCAP )
Sementara di saat yang bersamaan kondisi perekonomian yang tidak stabil membuat mereka kesulitan untuk membeli mobil. Selain itu mereka juga tidak yakin dalam menggunakan jasa transportasi online dan berbagi mobil.

Kedua jasa itu menurut mereka bukan pilihan yang bagus di saat pandemi. Pasalnya dalam anggapan mereka virus tetap akan ada di bangku mobil, gagang pintu mobil hingga sopir mobil itu sendiri.

Pilihan mereka pada sepeda motor juga semakin tinggi karena kondisi iklim Bangladesh yang lembang, berdebu dan sering hujan. Kondisi itu sangat tidak cocok bagi masyarakat yagn ingin menggunakan sepeda. Alhasil sepeda motor dianggap sebagai moda transportasi yang paling ideal dan diterima sebagai transportasi yang paling aman di kondisi pandemi. ( )

Dari situ sebanyak 80 persen partisipan survei mengatakan sangat mungkin menjaga jarak secara sosial dan fisik dan mentaati protokol kesehatan dengan menggunakan sepeda motor. Sebanyak 69 persen partisipan juga mengakui sepeda motor adalah pilihan yang secara ekonomis lebih baik dibandingkan transportasi lainnya di masa pandemi. Sebanyak 33 persen partisipan bahkan mempertimbangkan akan membeli sepeda motor tahun depan.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)