Mercedes-Benz G-Class Menolak Mati, Capai Produksi 400.000 Unit

Minggu, 06 Desember 2020 - 09:10 WIB
loading...
Mercedes-Benz G-Class Menolak Mati, Capai Produksi 400.000 Unit
Usia Mercedes-Benz G-Class telah mencapai empat dekade. Mobil ini ke depannya akan hadir dalam versi listrik agar tak tergilas zaman. Foto / IST
A A A
AUSTRIA - Mercedes-Benz G-Class menolak mati dengan berhenti produksi. Baru-baru ini Mercedes-Benz merayakan capaian fenomenal Mercedes-Benz G-Class yang telah sukses diproduksi sebanyak 400.000 unit. Untuk merayakan prestasi khusus itu Mercedes-Benz menyelenggarakan acara spesial di pabrik Mercedes-Benz G-Class dibuat di Magna Steyr, Austria.

"Kami sangat bangga telah berhasil membuat 400.000 mobil offroad ini. Kami berterimakasih pada kustomer setia dan penggemar kami serta juga karyawan kami," ucap Dr Emmerich Shicller, Head of Mercedes-Benz Off-road Vehicles Division.
"Kami akan segera membuat membuka halaman baru untuk cerita sukses ini. Kami akan membuat mobil ini jadi mobil listrik sehingga tidak lagi memiliki emisi dan tidak tergilas zaman," sambungnya lagi. (Baca juga : United Akan Luncurkan Skutik Listrik dengan Harga Rp24,5 Juta )

Mercedes-Benz G-Class Menolak Mati, Capai Produksi 400.000 Unit


Mercedes-Benz G-Class diketahui pertama kali dibuat pada 1979. Kelahiran mobil berjuluk G-Wagen (Geländewagen) tersebut bermula dari saran Shah Iran kepada Mercedes (saat itu merupakan salah satu pemegang saham) untuk membuat sebuah SUV guna kebutuhan militer pada tahun 1969. Ide tersebut kemudian diimplementasikan oleh Daimler-Benz AG dan Steyr-Daimler-Puch AG (kini menjadi Magna Steyr) yang sepakat untuk membangun mobil lintas medan yang tangguh. Proyek pengembangan pun dimulai pada tahun 1971.

Versi produksi dari G-Wagen pun lahir dari fasilitas manufaktur Steyr di Graz-Thondorf, Austria pada tahun 1979 sebagai model 460 dan terdiri dari dua versi wheelbase (2.400 dan 2.850 mm). Seiring perkembangan G-Wagen dari masa ke masa, SUV yang khas dengan bentuk body kotak ini tak hanya digunakan sebagai kendaraan militer dan dinas khusus, namun juga sangat diminati kalangan sipil.

Mercedes-Benz G-Class Menolak Mati, Capai Produksi 400.000 Unit


Era 1990 merupakan babak penting G-Class dengan lahirnya model 463. Variant mewah pertama 500 GE bermesin V8 yang muncul pada tahun 1993 telah merubah paradigma konsumen dunia terhadap sosok G-Wagen.

Dari sebuah mobil SUV bergaya militer yang desainnya sangat sederhana serta minim fitur, G-Wagen (G-Class) pun berevolusi menjadi sebuah SUV mewah berkemampuan offroad tulen. (Baca juga : Baru Diluncurkan Mobil Listrik Buatan India Bikin Kontroversi )

Bahkan munculnya G-Class versi mewah dan high performance G500 pada tahun 1998 serta G55 AMG pada penghujung tahun 1999 semakin menguatkan citra baru G-Class sebagai SUV pilihan para eksekutif.

Evolusi rancang bangun Mercedes-Benz G-Class terus berlanjut seiring perkembangan desain dan teknologi. Debut perdana generasi baru 463 di Detroit Motor Show 2018 menjadi babak baru evolusi 4 dekade G-Class. Kini dengan semkain dekatnya era elektrifikasi, Mercedes-Benz G-Class mau tidak mau segera bertransformasi menjadi mobil listrik. Seperti yang diungkapkan Dr Emmerich Shicller, agar tidak tergilas zaman.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)