Salah Jalan karena Google Maps, Ini Cara Memperbaikinya

Senin, 21 Desember 2020 - 02:02 WIB
loading...
Salah Jalan karena Google Maps, Ini Cara Memperbaikinya
Dark Mode Google Maps. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Sebagai aplikasi pemandu jalan, Google Maps sangat membantu ketika pengguna tak mengetahui jalur yang dituju. Namun, tak sedikit juga cerita penggunaan Google Maps yang malah membuat tersesat. BACA JUGA - Sinovac Dibeli Indonesia, China Borong Vaksin COVID-19 Buatan Jerman dan Inggris

Misalnya yang terjadi pada sebuah bus pariwisata yang tersesat dan terperosok ke sawah sedalam 2,5 meter, ketika menuju tempat wisata Gunungkidul, Yogyakarta. BACA JUGA- 1,2 Juta Dosis Diborong Indonesia, Riset Sebut Imunitas Vaksin Sinovac Terendah

Supir bus mengaku tak mengetahui jalur yang dituju dan mengandalkan Google Maps, serta memaksakan lewat jalur yang terlalu sempit arahan Google Maps.

Sejatinya Google Maps adalah teknologi juga memiliki kekurangan. Maka dari itu, sebaiknya tetap bertanya ke warga sekitar jika merasa jalur arahan Google Maps sudah tidak sewajarnya.

Dalam kasus bus tersebut, mungkin saja supir bus tidak mengubah mode kendaraan yang digunakan. Sedangkan mode yang diketahui Google Maps masih dalam pengaturan motor bukan mobil, yang membuat jalur bus tersebut menyempit.

Sebab, Google Maps menyediakan estimasi jarak untuk pengguna mobil, motor, transportasi umum, pejalan kaki, bahkan penumpang layanan ojek online.

Kemungkinan lainnya adalah Google Maps kesulitan menemukan lokasi pengguna. Google melalui laman support yang disediakannya sudah membagikan cara untuk meningkatkan akurasi dari lokasi pengguna.

Pada smartphone Android, untuk menemukan lokasi dengan akurat, gunakan mode akurasi tinggi. Caranya masuk ke Pengaturan > Lokasi > Di bagian atas aktifkan lokasi > Tap Mode, kemudian pilih Akurasi tinggi.

Cara lain untuk meningkatkan akurasi lokasi adalah dengan mengaktifkan WiFi pada ponsel, memuat ulang ponsel dengan mematikan dan aktifkan kembali daya, atau mengalibrasi ponsel dengan membuat angka 8.

Sementara untuk smartphone iOS caranya adalah masuk Pengaturan > tapi Privasi lalu Layanan Lokasi > Pastikan tombol di samping "Layanan Lokasi" berwarna hijau > Alurkan ke bawah dan pilih Google Maps > Lalu pilih Saat Menggunakan Aplikasi atau Selalu.

Sama seperti di Android, cara lain untuk meningkatkan akurasi di iOS adalah dengan mengaktifkan WiFi pada ponsel, memuat ulang ponsel dengan mematikan dan aktifkan kembali daya.

Penggunaan Google Maps memang sangat membantu. Tetapi sekali lagi, jika jalur yang diarahkan Google Maps sudah tidak sesuai, ada baiknya menanyakan ke warga sekitar untuk memastikan dan diberikan saran yang lebih tepat.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1088 seconds (10.177#12.26)