Sabar Gaes, 4 Tahun Lagi Harga Mobil Listrik Akan Semurah Mobil Biasa

Kamis, 31 Desember 2020 - 02:05 WIB
loading...
Sabar Gaes, 4 Tahun Lagi Harga Mobil Listrik Akan Semurah Mobil Biasa
Harga mobil listrik kedepannya diprediksi akan terus menurun seiring semakin banyaknya produksi baterai, power train, dan perangkat pendukung lainnya.
A A A
MICHIGAN - Salah satu masalah pelik pada kendaraan listrik adalah harganya yang sangat mahal. Di masa depan, kemungkinan harga mobil listrik bisa setara dengan mobil konvensional.

Kepada Carscoops, Head of clean power at Bloomberg New Energy Finance Logan Goldie Scot mengatakan, dalam empat tahun ke depan, harga mobil listrik akan turun cukup signifikan.

"Dalam empat tahun, pembuat mobil besar harus bisa memproduksi dan menjual kendaraan listrik untuk pasar massal dengan harga yang sama dan dengan margin yang sama seperti mesin pembakaran internal," katanya.

Baca Juga: mobil listrik
Sabar Gaes, 4 Tahun Lagi Harga Mobil Listrik Akan Semurah Mobil Biasa

"Jika dilihat dari penyusutan biaya selama satu dekade terakhir dan yang diharapkan beberapa tahun ke depan, harga EV dapat ditekan seiring dengan penyusutan biaya baterai yang ada," kata Logan.

Menurut Logan, harga paket baterai lithium ion EV akan turun hingga 89 persen di akhir dekade ini. Artinya, pembuat mobil listrik bisa menjajakan produknya dengan harga yang lebih kompetitif.

BACA JUGA: Blibli Jual Sepeda Listrik Retro asal Amerika, Harganya Setara Avanza Seken

"Ilustrasi saja, sepuluh tahun silam biaya baterai EV sekitar Rp15,7 juta tiap kWh, sedangkan sekarang berada di angka Rp1,9 jutaan per kWh. Bahkan di Cina untuk segmen tertentu harganya mencapai Rp1,4 jutaan per kWh," ujar Logan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)