Boleh Gunakan Motor Listrik Saat Hujan, Tapi..

Kamis, 28 Januari 2021 - 19:05 WIB
loading...
Boleh Gunakan Motor Listrik Saat Hujan, Tapi..
Ada beberapa komponen yang musti diperhatikan misalnya menutup cover baterai dengan sangat rapat. Foto: Sindonews
JAKARTA - Jakarta dan sekitarnya akhir-akhir ini mulai turun hujan cukup lebat sehingga menyebabkan sejumlah ruas jalan tergenang air. Inilah yang menjadi musuh utama setiap kendaraan terutama motor listrik.

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan saat motor listrik terkena air?

BACA JUGA: Gandeng Pevita Pearce, Begini Harga dan Promo Penjualan Galaxy S21 dan S21+ 5G

Berdasarkan buku panduan motor listrik United T1800 , kendaraan listrik masih bisa berjalan normal saat hujan. Namun, ada beberapa komponen yang musti diperhatikan misalnya menutup cover baterai dengan sangat rapat.



Di sisi lain, ada himbauan untuk tidak menggunakan motor listrik saat kondisi jalan sedang banjir. Hal ini berisiko terjadinya korsleting listrik.

"Jangan gunakan motor untuk melewati air yang dalam (banjir). Komponen listrik motor dapat rusak dan mengalami korsleting ketika permukaan air mencapai bagian poros motor dan sirkuit," tulis keterangan di buku panduan United T1800.

Boleh Gunakan Motor Listrik Saat Hujan, Tapi..

Tak hanya itu, pemilik motor listrik disarankan untuk tidak mencuci motor listrik dengan air bertekanan tinggi karena komponen listrik cukup sensitif jika terkena air. Guyuran air juga jangan diarahkan langsung ke bagasi utama, tempat pengisian baterai, cover baterai, dan kontroller.

Jika banjir terjadi di lingkungan tempat tinggal, jangan biarkan baterai menempel di motor listrik yang tergenang banjir. Agar usia baterai tetap awet, disarankan untuk melepas baterai dari motor.

BACA JUGA: Gila, POCO Nekad Batalkan Ribuan Transaksi Pembelian POCO M3, Ada Apa?

"Amankan baterai simpan di tempat tinggi, kemudian bungkus soket dengan rapat dan matikan sakelar daya utama dan jangan sekali-sekali menyalakan motor listrik yang baru terendam banjir," tulis buku tersebut.
(dan)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE