Toyota Yaris Cross Dikabarkan akan Melahirkan Lexus BX di 2023

Minggu, 17 Mei 2020 - 11:59 WIB
loading...
Toyota Yaris Cross Dikabarkan akan Melahirkan Lexus BX di 2023
Lexus BX akan menjadi jelmaan mobil yang bangun berdasarkan platform Toyota Yaris Cross yang baru-baru ini diungkap. Foto/Ist
A A A
TOKYO - Tidak lama setelah Lexus memulai crossover UX pada 2018, perusahaan mengatakan, tidak berencana menawarkan kendaraan di bawah harga Rp446 juta. Orang bisa mengartikannya bahwa Lexus tidak akan menawarkan sesuatu yang lebih kecil dari UX. (Baca juga: Nissan Kicks 2020 Resmi Meluncur Perdana di Thailand )

Rumor terbaru menampik hal itu. Kabar yang beredar melalui internet menyarankan sebaliknya. Bisakah Lexus BX entry-level yang ditempatkan di bawah UX masuk dalam lineup merek mewah dari Toyota ini?

Jika demikian, maka Lexus BX tidak akan menjadi ciptaan yang sama sekali baru. Mobil akan didasarkan pada Toyota Yaris Cross yang baru-baru ini diungkap, crossover kecil yang terkait dengan subkompak Yaris Euro-spec Toyota.
Toyota Yaris Cross Dikabarkan akan Melahirkan Lexus BX di 2023

Tidak ada foto yang menunjukkan bagaimana mesin mini kelas atas ini akan terlihat, tapi hampir pasti akan mengadopsi gril spindle Lexus sambil menambahkan sedikit lebih krom di mana Yaris Cross memiliki trim hitam atau berwarna tubuh. Mungkin juga BX dapat menukar beberapa ground clearance untuk tampilan on-road yang lebih sporty.

Laman Motor1 menyebutkan, rumor selanjutnya menunjukkan BX akan menggunakan powertrain hybrid yang ditarik langsung dari Yaris Cross. Ini ialah fitur mesin 1,5 liter dipasangkan dengan motor listrik, menghasilkan 116 tenaga kuda (87 kilowatt).
Toyota Yaris Cross Dikabarkan akan Melahirkan Lexus BX di 2023

Ada potensi edisi F Sport dapat ditawarkan untuk menambah all-wheel-drive ke dalam hybrid, tapi tidak disebutkan berapa peningkatan kekuatannya. Untuk mempertahankan gambaran F Sport, publik akan menganggap sesuatu yang lebih besar dari 116 hp (tenaga kuda) berada di bawah kap BX.

Ini tentu rumor aneh, mengingat Lexus sebelumnya mengatakan tidak tertarik menawarkan sesuatu di bawah harga Rp446 juta. Pernyataan itu berakar pada operasi pembuat mobil di Amerika Utara.
Toyota Yaris Cross Dikabarkan akan Melahirkan Lexus BX di 2023

Yaris sendiri hanya akan ditawarkan di pasar Eropa dan Asia. Dengan BX yang diduga didasarkan pada crossover kecil, hampir pasti produk tidak akan menetap di kedua wilayah tersebut.

Mengenai harga, Toyota belum merilis angka untuk Yaris Cross. Publik automotif memprediksi kendaraan ini akan dilepas di kisaran Rp447 juta dan itu artinya harga Lexus BX juga bisa dimulai di angka itu juga. Jika rumornya benar, maka kita bisa melihat Lexus BX pada 2023.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)