Agar Tak Berkarat di Musim Hujan, Mobil Harus Sering-Sering di Cuci

Selasa, 02 Maret 2021 - 01:10 WIB
loading...
Agar Tak Berkarat di Musim Hujan, Mobil Harus Sering-Sering di Cuci
Karat pada mobil tidak hanya mengganggu, juga merusak pemandanngan. Foto: ist
JAKARTA - Karat atau korosi merupakan salah satu masalah utama pada kendaraan apalagi di musim hujan saat ini. Pasalnya, air hujan mengandung mineral dengan tingkat keasaman tinggi yang dapat mempercepat karat.

Lantas, bagaimana cara agar mobil tidak cepat karat?

BACA JUGA: Power Bank dan Charger Adaptor Ibacks Jaga Ponsel High End Puluhan Juta Tetap Aman

Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara mengatakan kunci dari pencegahan proses korosi di bodi mobil adalah menjaga kebersihan mobil seoptimal mungkin.



"Jangan pernah remehkan karat karena begitu terdeteksi butuh tindakan segera agar tidak menjalar dan merusak bodi mobil," katanya.

Di tengah kondisi cuaca tidak menentu seperti sekarang, pemilik kendaraan harus mencuci mobil sesering mungkin untuk memastikan sisa air hujan dan kotoran tidak menempel.

"Pastikan mobil kering sempurna dan tidak lembab, terutama area kolong, celah dan sambungan di mobil yang merupakan bagian paling rawan karat," ujar Tara.



Perhatikan jika ada bagian mobil yang terkikis lapisan cat atau anti karatnya dan segera perbaiki di bengkel resmi terpercaya. Termasuk untuk mobil yang pernah terlibat kecelakaan sehingga bodi baret atau penyok.

BACA JUGA: Hasil Foto Kamera 48 Megapiksel POCO M3 yang Bikin Terkejut!

"Segera diperbaiki dan jangan menunggu terlalu lama dengan alasan untuk menghemat biaya asuransi atau belum sempat pergi ke bengkel," ujarnya.
(dan)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE