Gandeng Lazada, Grab Perbanyak Armada Kendaraan Listrik

Selasa, 09 Maret 2021 - 05:28 WIB
loading...
Gandeng Lazada, Grab Perbanyak Armada Kendaraan Listrik
Kendaraan listrik ini dapat menjangkau jarak hingga 130 km dengan kecepatan hingga 100km/jam dan membawa beban hingga 130kg. Foto: Ist.
A A A
JAKARTA - Grab mengumumkan kolaborasinya bersama Lazada untuk mempromosikan pengiriman paket dengan lebih ramah lingkungan. Melalui kerja sama ini, Grab akan menyewakan motor dari armada GrabWheels untuk mengirimkan paket kepada konsumen Lazada di area Jabodetabek.



"Armada ini berasal dari GrabRental , model bisnis penyewaannya GrabWheels," ungkap Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia, di Jakarta.

Kerja sama ini sebagai upaya kedua perusahaan untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik dan ramah lingkungan di Tanah Air. Tentunya pemerintah tak bisa bekerja sendiri, peran swasta sangat dibutuhkan agar program kendaraan listrik terus berjalan.

Sebelumnya, Grab juga telah menjalin kerja sama dengan kendaraan motor berbasis listrik asal dalam negeri, seperti Viar dan Selis, serta brand internasional seperti Kymco, dengan menghadirkan perkembangan teknologi kendaraan berbasis listrik.

Sementara itu, Direktur Angkutan Jalan, Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani, menyampaikan bahwa kolaborasi yang dilakukan oleh Grab dan Lazada merupakan salah satu solusi bersama dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Hal ini digadang dapat mempercepat usaha pemerintah dalam memiliki ekosistem kendaraan listrik, sejalan dengan Roadmap Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

"Kami berharap dengan adanya kolaborasi ini, pemain e-commerce lainnya dapat terinspirasi untuk meningkatkan layanannya dengan kendaraan yang lebih ramah lingkungan," tutur Ahmad.

Philippe Auberger, Chief Logistics Officer of Lazada Indonesia, mengatakan bahwa pembangunan ekosistem e-commerce yang berkelanjutan serta ramah lingkungan memang merupakan komitmen Lazada, sehingga mengurangi jejak karbon dalam mengirimkan paket kepada pelanggan Lazada yang tinggal di Jabodetabek.

"Kemitraan ini dengan Grab ini sekaligus menegaskan komitmen kami dalam memberikan solusi logistik yang berkualitas bagi bisnis, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia," terangnya.



Kendaraan listrik ini dapat menjangkau jarak hingga 130 km dengan kecepatan hingga 100km/jam dan membawa beban hingga 130kg. Sebagai bagian dari kerja sama, armada pengiriman di Lazada Logistics akan mendapatkan rangkaian training menggunakan motor listrik GrabWheels sehingga mereka dapat melakukan pengiriman dengan aman dan tepat waktu.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2174 seconds (0.1#10.140)