Antisipasi Perang dengan China, India Pesan Kendaraan Taktis Ekstrem

Selasa, 23 Maret 2021 - 15:00 WIB
loading...
Antisipasi Perang dengan China, India Pesan Kendaraan Taktis Ekstrem
Kalyani M4 memiliki kemampuan bertahan dan fungsionalitas ekstrem. Foto/Medium
A A A
INDIA - India baru-baru ini secara tiba-tiba memesan kendaraan taktis (rantis) militer bernama Kalyani M4 dalam jumlah yang tidak disebutkan. Disebutkan situs Gaadiwaadi, Kalyani M4 merupakan kendaraan taktis buatan perusahaan India Bhargat Forge dan Paramount Group, perusahaan dari Afrika Selatan yang fokus pada pembuatan kendaraan taktis.

Kalyani M4 memiliki kemampuan dan fleksibilitas yang tinggi. Mobil untuk kebutuhan militer itu diklaim mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi mulai dari suhu dingin yang ekstrim hingga panas terik. Mobil ini tetap mampu berjalan di suhu -20 derajat celcius hingga 50 derajat celcius.

Kemampuan itu sangat dibutuhkan oleh India yang saat ini tengah berkonflik dengan China di perbatasan gunung Himalaya. Diketahui kondisi di Himalaya memang sangat ekstrem dan butuh kendaraan spesial.



Antisipasi Perang dengan China, India Pesan Kendaraan Taktis Ekstrem


Dari sisi pertahanan Kalyani M4 memiliki kemampuan pertahanan diri yang mumpuni. Mobil ini mampu bertahan dari bahan peledak TNT seberat 50 kilogram, granat dan ranjau darat.

Untuk kaca depan, Kalyani M4 dilengkapi dengan proteksi kaca depan yang mampu bertahan dari serangan senapan mesin.

Dari sisi fungsionalitas mobil ini juga sangat tangguh. Dengan berat 16 ton, mobil ini masih bisa mengangkut beban 2,3 ton dan 8 orang penumpang. Mobil ini juga memiliki sudut datang 43 derajat dan sudut keluar 44 derajat.



Antisipasi Perang dengan China, India Pesan Kendaraan Taktis Ekstrem


Alhasil mobil ini bisa melewati berbagai rintangan medan berat dengan sangat mudah. Bahkan mobil ini mampu melewati genangan air dengan kedalaman 900 milimeter atau hampir 1 meter.

Sementara dari sektor dapur pacu Kalyani M4 dilengkapi dengan mesin diesel enam silinder yang mampu menggelontorkan tenaga sebesar 465 daya kuda. Untuk torsi, kendaraan taktis ini memiliki torsi 1.627 Nm. Hebatnya dalam kondisi tangki bahan bakar terisi penuh, Kalyani M4 mampu menempuh jarak 800 kilometer.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1806 seconds (0.1#10.140)