Tercepat, Alvin Bahar Bawa Honda Racing Juara Seri Pembuka ISSOM 2021

Senin, 29 Maret 2021 - 05:49 WIB
loading...
Tercepat, Alvin Bahar Bawa Honda Racing Juara Seri Pembuka ISSOM 2021
Alvin Bahar, yang berlaga di ajang balap Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1.600 Max berhasil meraih juara pertama dalam balapan yang berlangsung Minggu (28/3/2021) di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. FOTO/ IST
A A A
BOGOR - Pembalap Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar, yang berlaga di ajang balap Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1.600 Max berhasil meraih juara pertama dalam balapan yang berlangsung Minggu (28/3/2021) di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Pada putaran pertama ini, Alvin Bahar, sukses menyapu bersih baik dari sesi superpole dan balapan. Saat sesi kualifikasi superpole, Alvin Bahar, menjadi yang tercepat dengan torehan waktu 1 menit 48,5 detik. Atas perolehan tersebut, pembalap yang sudah mengantongi delapan gelar Juara Nasional, memulai balapan dari posisi terdepan.

Berbekal hal tersebut, langkah Alvin Bahar untuk menginjakkan satu kakinya di podium tertinggi bisa diwujudkan. Terlebih saat balapan yang dilangsungkan selama 12 putaran, putera mendiang pembalap senior Aswin Bahar, berhasil meninggalkan rival utamanya Haridarma Manoppo dari Toyota Team Indonesia, di posisi kedua dengan gap 2 detik.

Sepanjang balapan, Alvin Bahar mengemas total waktu 22 menit 9,381 detik. Sementara Haridarma Manoppo, yang berada tepat di belakangnya, mengumpulkan total waktu 22 menit 12,837 detik.

"Memang sudah improve dari 2020. Bahkan pas bulan Mei 2020 Honda Prospect Motor bikin presscon memutuskan untuk berhenti dari balap, development terus berjalan. Setelah itu juga saya masih dyno mesin, dan development masih jalan terus meski agenda balap dari Honda terpaksa dihentikan," ujar Alvin Bahar usai menerima piala kejuaraan.

Mengenai pengembangan yang dilakukan oleh ia bersama timnya, sebelum balapan digelar ujung tombak Honda Racing Indonesia ini menjelaskan ada beberapa penyesuaian yang dilakukan.

Adapun refreshment yang dilakukan antara lain adalah memaksimalkan kinerja jantung pacu agar bisa lebih maksimal. Di samping itu, Alvin Bahar, juga melakukan penyesuaian terhadap suspensi agar handling Honda Jazz yang dikendarai menjadi lebih mumpuni untuk bermanuver di atas lintasan balap.

"Mesin sudah ljmayan tapi memang masih ada beberapa kendala. Apalagi untuk memaksa dk rpm tinggi, masih belum maksimal. Kalau dari suspensi, belum maksimal untuk pengembangannya, harusnya sudah bisa full setting," jelasnya.

Atas kemenangan yang diraih oleh Alvin Bahar pada seri pembuka ini, memantapkan poaisi Alvin Bahar sebagai pemegang klasemen sementara Kejurnas ITCR 1.600 Max.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)