Penjualan Stabil Selama Pandemi, Ternyata Ini Strategi Piaggio Indonesia

Selasa, 06 April 2021 - 16:35 WIB
loading...
Penjualan Stabil Selama Pandemi, Ternyata Ini Strategi Piaggio Indonesia
PT Piaggio Group Indonesia justru aktif merilis model baru selama pandemi Covid-19 di 2020 silam. Foto: dok Piaggio Indonesia
A A A
JAKARTA - Disaat pandemi Covid-19 menghantam pasar, Piaggio Indonesia tidak hanya bisa bertahan, namun justru agresif merilis produk baru dan mempertahankan posisi mereka. Apa rahasianya?

Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega memang sempat kaget ketika pandemi Covid-19 mengubah tatanan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia. Karena itu, ia cepat-cepat mengatur ulang strategi.



Ada tiga prioritas yang ia fokuskan. Pertama, soal kesehatan dan kesejahteraan karyawan maupun partner Piaggio Indonesia.

Kedua, memperkuat fondasi stabilitas bisnis dari perusahaan. Dan ketiga adalah mengatur ulang sistem yang ada, agar lebih cekatan dan responsif beradaptasi dengan kondisi yang berubah.

Penjualan Stabil Selama Pandemi, Ternyata Ini Strategi Piaggio Indonesia

”Kami melakukan perubahaan pada organisasi dan partner. Mengubah penjualan dari offline ke online. Melakukan banyak komunikasi digital, sambil tetap menghibur dan berinteraksi dengan konsumen,” beber Marco.

Dan di 2020 Piaggio Indonesia cukup sibuk. Antara lain merilis 10 produk baru ke pasar Indonesia dan semuanya mendapatkan respons sangat baik. ”Ketika pasar secara keseluruhan turun 40 persen, Piaggio tetap stabil,” bebernya.

Di awal tahun, mereka juga baru saja merilis Vespa Picnic Limited Edition, yang diadopsi dari seri Vespa Primavera. Menurut Marco, Vespa Picnic menyimbolkan kebebasan, kebahagiaan, dan harapan.

”Benar-benar mewakili cara orang Italia memaknai 'La Dolce Vita', yakni menikmati momen dalam hidup seutuhnya,” ujarnya.

Penjualan Stabil Selama Pandemi, Ternyata Ini Strategi Piaggio Indonesia

Pada 2021, Marco tetap melanjutkan 4 strategi inti yang dimiliki Piaggio Indonesia. Pertama, adalah Product Excellence atau menghadirkan produk-produk terbaik dari PT Piaggio Group Indonesia. Termasuk juga Aprilia (racing), Moto Guzzi (motorbike), Piaggio dan Vespa (skuter).

Penjualan Stabil Selama Pandemi, Ternyata Ini Strategi Piaggio Indonesia

Selanjutnya, memperbanyak dealer premium, mewah, dan eksklusif berkonsep Motoplex seperti kolaborasi dengan Gaia Moto di kawasan Antasari, Jakarta Selatan. ”Kemudian, kami akan terus memperbanyak ketersediaan suku cadang asli, juga aksesoris-aksesoris original yang stylish,” ungkap Marco.



Mereka juga terus akan mengkomunikasikan konsep dan cerita dibalik brand Piaggio ke konsumen. ”Agar mereka menghargai produk Vespa secara mendalam, merasakan atmosfirnya, dan menyelami cerita dibaliknya,” tutupnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5227 seconds (0.1#10.140)