Mengenal Lebih Detail Paint Protection Film dengan Coating?

Kamis, 08 April 2021 - 10:40 WIB
loading...
Mengenal Lebih Detail Paint Protection Film dengan Coating?
Pelindung bodi mobil untuk memberikan tampilan lebih kinclong. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Memiliki mobil dengan kondisi bodi yang selalu mengkilap dan indah, siapa pun pasti suka. Banyak cara untuk melakukannya. Beberapa melakukan coating di bodi mobil dan lainnya ada yang memilih Paint Protection Film (PPF).



Paint Protection Film (PPF) kini merupakan tren baru yang digemari banyak kalangan di dunia otomotif untuk kategori perlindungan pada cat mobil. Hal itu karena PPF lebih mampu melindungi mobil dari goresan benda tajam seperti kerikil dan benturan. Selain itu, PPF juga bisa mempertahankan warna mobil tetap indah dan membuat mobil terlihat kilap wet-look untuk waktu yang lama. Lantas apa sesungguhnya yang membedakan coating dan PPF?
Mengenal Lebih Detail Paint Protection Film dengan Coating?

PPF berfungsi untuk melindungi cat dari kerusakan fisik dengan lapisan film yang tebal dan transparan. Fungsi lain adalah merawat warna mobil secara permanen. Sementara itu, coating hanyalah untuk perawatan warna sementara saja.

Lianto mengatakan dengan penggunaan zat kimia yang dioleskan ke bodi pada proses coating dan poles memungkinkan lapisan cat orisinal bisa terkikis, dan kemungkinan permukaan cat untuk baret dan rusak masih akan tetap terjadi karena coating yang sangat tipis dan dalam bentuk cairan tidak bisa melindungi kendaraan terhadap kerusakan fisik. Sedangkan untuk laminating PPF sendiri, sifatnya benar-benar membungkus seluruh bagian bodi mobil dengan lapisan film. Dengan demikian, proses PPF memiliki daya tahan yang lebih lama karena bentuknya fisik berupa lapisan film yang tebal. Beda dengan waxing atau coating yang menggunakan bahan kimia sehingga mobil dalam jangka waktu tertentu wajib terus mendapat perawatan agar tampilan tetap kinclong.

"Lebih mudah diartikan coating itu bukan paint protection tapi color protection, karena fungsinya menjaga warna mobil tetap cerah namun hanya sementara saja. Jadi saat tersengol benda atau ketika mencuci mobil kemungkinan bodi mengalami baret tetap ada, sedangkan laminating PPF ini karena dibungkus dengan film, maka bodi terlindungi dari baret halus dan warna mobil juga tetap cerah, makanya PPF itu fungisnya melindungi dan menjaga keorisinilan warna mobil," papar Lianto.

V-KOOL PPF dibuat dari bahan thermoplastic urethane (TPU) yang mampu melindungi cat kendaraan dari goresan benda tajam, baik tipis maupun dalam. Goresan kerikil, pemudaran warna oleh paparan sinar ultraviolet, jamur, hingga abrasi pun bisa diatasi. Banyak merk PPF lainnya yang meng-klaim menggunakan bahan TPU juga tapi dijual sangat murah.
Mengenal Lebih Detail Paint Protection Film dengan Coating?

Bahan TPU sendiri memiliki beberapa macam grade, tentunya jika PPFnya dijual murah, maka bisa dipastikan bahwa bahan TPU yang digunakan bukanlah kelas premium, sedangkan yang digunakan oleh V-KOOL PPF adalah bahan TPU yang paling premium dan paling bagus dari semuanya. Bahan TPU yang premium tentunya akan lebih jernih, kuat, terlihat alami dan lebih kilap jika dibandingkan dengan bahan TPU yang kelas menengah ke bawah dan bahan-bahan lainnya.

“V-KOOL PPF juga memiliki kelebihan karena mudah dalam hal perawatan. Bahkan V-KOOL PPF memiliki sifat 'self healing' yang bisa menghilangkan baret halus dengan sendirinya tanpa perawatan khusus hanya mengandalkan panas sinar matahari,” ujar Chief Operating Office PT V-KOOL Indo Lestari, Lianto Winata.

Produk ini memiliki ketebalan 8 mil (0.2032 mm) dan dirancang untuk melindungi cat kendaraan dari kerusakan karena zat korosif. Selain itu, perlindungan sempurna terhadap sinar ultraviolet, panas matahari, dan air membuat warna tidak cepat pudar. Kejernihan PPF juga mampu semakin memperkuat warna asli kendaraan dan membuatnya berkilau, bahkan kendaraan akan terlihat alami seakan-akan tidak dipasang apa-apa namun wet-look seperti sesudah baru di coating setiap harinya. Selain itu, daya tahan V-KOOL PPF pun lebih lama dibandingkan dengan coating kimia dengan garansi selama 10 tahun.

Terlepas dari bahan premium V-KOOL PPF yang lebih unggul dari merk lain, kualitas pemasangan juga merupakah hal yang sangat penting. Spesialis pemasang PPF di V-KOOL adalah spesialis yang sudah dilatih oleh V-KOOL Internasional. Mereka memiliki skill yang sangat tinggi sehingga bisa memasang PPF di kendaraan Anda dengan sangat rapih bahkan bisa dikatakan pemasangan V-KOOL PPF adalah yang paling rapih di seluruh Indonesia. Hal tersebut juga terbantu oleh setiap V-KOOL PPF Outlet harus memiliki standard tempat pemasangan yang tinggi, sehingga bisa dipastikan setiap kendaraan yang pasang V-KOOL PPF di kerjakan di tempat yang sangat layak dan khusus setaraf dengan standar International.

Setelah paham perbedaan coating dan PPF, pemilik mobil bisa menentukan pilihan. Namun, jika ingin maksimal, disarankan untuk menggabungkan keduanya. Sebab, PPF dan coating bisa saling melengkapi. Ketika pemasangan V-KOOL PPF, mobil akan melalui tahap koreksi yang dilakukan oleh profesional paint restoration sebelum dilapisi V-KOOL PPF. Usai dilapisi PPF, dilakukan juga nano coating ringan pada mobil.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)