Deretan Kendaraan Listrik Ini Panaskan IIMS Hybrid 2021

Rabu, 21 April 2021 - 19:25 WIB
loading...
Deretan Kendaraan Listrik Ini Panaskan  IIMS Hybrid 2021
Jajajaran kendaraan Listrik yang bertebaran di IIMS Hybrid 2021. FOTO/ WBS/ SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gelaran Indonesia International Motor Show ( IIMS) 2021 telah digelar sejak pekan lalu tepatnya mulai 15 April 2021.

Acara tersebut dijadikan ajang bagi para produsen memperkenalkan kendaraan listrik di Tanah Air .


Meski tak semua langsung dijual di Indonesia, tetap saja kendaraan ini menarik perhatian pengunjung.

Berikut ini deretan mobil dan motor listrik yang hadir melantai di IIMS 2021.

1. Komodo Bledhex

Tak ingin kalah dengan merek-merek luar, mobil listrik asli Indonesia buatan PT FIN Komodo Teknologi ikut mejeng di ajang IIMS 2021.

Mobil off road itu merupakan hasil rakitan Kota Cimahi. Sebelum ciptakan mobil listrik, FIN Komodo juga sudah lebih dulu memiliki mobil dengan wujud serupa yang menggunakan mesin konvensional.

Adapun 80% Bledhex dirakit menggunakan komponen buatan lokal, karena sel baterainya masih harus diimpor dari luar.

Jika tetarik, satu unit Bledhex dibanderol seharga Rp300 juta sampai Rp350 juta. Tetapi harus memesan terlebih dahulu dengan tanda jadi cukup Rp10 juta

2. DFSK Gelora E

DFSK Gelora E adalah mobil listrik komersial pertama bagi para pengusaha di Indonesia. Masuk di kelas minibus dan blind van, DFSK optimistis Gelora E sesuai dengan kebutuhan pengusaha di Indonesia.

Secara umum, DFSK Gelora E memiliki dimensi 4.500mm x 1.680mm x 2.000mm (PxLxT) yang memberikan kabin ekstra luas dan lapang.

Kendaraan fungsional ini ditawarkan dalam 2 varian, yakni Minibus dan Blind Van yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan usaha konsumen di Indonesia.

3. Renault Zoe

Direktur PRI, Ruby Adeline, menegaskan bahwa rencana Renault di Indonesia tahun ini yaitu menggencarkan produk mobil listrik berjenis full batery (BEV).

Interior Renault Zoe mengalami revolusi dengan dashboard yang didesain ulang, sentuhan akhir yang disempurnakan, teknologi baru, dan lebih banyak penyimpanan.

Perubahan pada Renault Zoe meliputi bagian depan yang didesain ulang, lampu LED baru, lampu belakang, dan lampu kabut, bumper yang dibentuk ulang, serta roda baru.

Di bagian interior juga terdapat sistem infotainment 9,3 inci dan cluster instrument TFT 10 inci yang dapat disesuaikan. Dalam spesifikasi tertentu, seperti jok dan sabuk pengaman, Renault menggunakan 100% bahan daur ulang.

Renault memberikan garansi baterainya hingga 8 tahun. Dengan kapasitas 52 kWh, baterai di Zoe memungkinkan mengemudi hingga 245 mil. Renault Zoe memiliki beberapa pilihan keluaran daya antara dua motor listrik, R110 dan R135 yang mengemas 135hp.

4. NIU Gova 03, NQi Sport 26 & NQi Sport 35

UTOMOCORP selaku agen tunggal pemegang merk (ATPM) skuter listrik NIU , nenghadirkan unit NIU Gova 03, NQi Sport 26 & NQi Sport 35, dalam ajang IIMS Hybrid 2021

NIU NQi Sport di desain untuk mobilitas dalam kota. Skuter listrik ini dilengkapi dengan Bosch hub motor dengan tenaga 1,500w – 1,800w dan mampu untuk mencapai top-speed 55km/jam.

Kecepatan dan tenaganya setara dengan skuter konvensional dengan kapasitas kubikasi mesin 125cc-150cc, namun senyap tanpa getaran serta ramah lingkungan.

Baterai 11kg yang terdapat pada skuter ini dapat dikeluarkan untuk isi ulang seperti ketika mengisi ulang baterai ponsel ataupun laptop.

Skuter listrik ini dapat tersambungkan ke ponsel melalui sebuah aplikasi, sehingga pengendara dapat melihat kapasitas baterai, melihat jarak tempuh dan lokasi yang dilalui.

Untuk harga, NIU Gova 03 dijual Rp23,8 juta on the road, NIU NQi Sport 26 dijual Rp 28,4 juta on the road, dan NIU NQi 35 dijual Rp38,2 juta on the road.

5. Tesla Cybertruck

Mobil ini sudah bisa dipesan dan akan dikirim ke Indonesia pada tahun depan. Namun, Cybertruck di Indonesia hanya dijatahi Tesla sebanyai 100 unit saja.

Cybertruck hadir dalam tiga varian. Pada varian bawah, kendaraan ini memiliki motor listrik berpenggerak roda belakang. Cybertruck memiliki daya jangkau baterai hingga 250 mil, sekali pengisian daya dengan daya angkut hanya mencapai 3,4 ton.

Pada varian kedua, Cybertruck hadir dengan kelengkapan dual motor listrik dengan menggunakan berpenggerak AWD. Tesla Cybertruck ini mampu berakselerasi dari 0-96 km per jam dalam waktu 2,9 detik.

Sedangkan untuk varian tertinggi, memiliki tri motor berpenggerak roda AWD dengan akselerasi nol hingga 96 kilometer per jam hanya membutuhkan waktu 2,9 detik saja dengan daya angkut hingga 6,3 ton.

Selain model-model di atas, mobil listrik yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia ada Tesla Model S, Model X, dan Model 3.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)