Mengejutkan, Kawsaki Ajukan Paten Teknologi Motor Hibrid

Kamis, 29 April 2021 - 05:08 WIB
loading...
Mengejutkan, Kawsaki Ajukan Paten Teknologi Motor Hibrid
Motor hibrid sangat jarang ditemukan. Salah satu yang pernah membuatnya adalah pebalap Rickey Godson dengan Kawasaki Ninja H2 Hybrid. Foto/IST
A A A
JEPANG - Kawasaki baru-baru ini disebutkan Rideapart tengah mengajukan paten teknologi motor baru yakni hibrid. Langkah ini cukup mengejutkan mengingat saat ini banyak pabrikan motor dunia yang berlomba-lomba membuat motor listrik. Apalagi untuk membuat sepeda motor listrik saat ini tidak begitu sulit untuk semua pabrikan motor dunia.

Uniknya Kawasaki justru malah melakukan hal out of the box yakni membuat motor hibrid. Langkah pertama sudah dilakukan dengan mengajukan paten teknologi sepeda motor hibrid.



Teknologi hibrid yang diajukan Kawasaki tergolong baru. Teknologi yang digunakan merupakan perpaduan serial hibrid dan paralel hibrid. Seperti paralel hibrid, baterai yang digunakan di motor Kawasaki itu nantinya akan bekerja sama dengan mesin bensin dalam menggerakkan motor listrik Kawasaki.

Di sisi lain, baterai yang ada di motor tersebut bisa diisi ulang melalui bensin yang ada di motor. Prinsipnya sama seperti serial hibrid dimana bensin yang ada bertindak sebagai generator untuk mengisi ulang energi yang ada di baterai.



Kawasaki melihat perpaduan teknologi hibrid ini akan jadi solusi ukuran baterai sepeda motor listrik. Diketahui saat ini banyak sepeda motor listrik membutuhkan baterai lithium ion berukuran besar sebagai sumber tenaga. Kawasaki mengklaim melalui paten teknologi yang mereka ajukan memungkinkan ukuran baterai yang digunakan tidak terlalu besar.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)