Penyebab dan Cara Mengatasi Setir Mobil yang Bergetar saat Direm

Kamis, 06 Mei 2021 - 16:05 WIB
loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi Setir Mobil yang Bergetar saat Direm
Penyebab kerusakan yang paling sering ditemukan adalah rotor rem telah menipis. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Mungkin bagi beberapa pengendara pernah merasakan getaran pada bagian setir saat mobil sedang mengerem. Jangan dibiarkan, bisa jadi permasalahan seperti ini karena terdapat gangguan pada komponen mesin mobil.

Untuk membantu mengetahui penyebab setir mobil bergetar saat direm beserta cara mengatasinya, simak penjelasannya berikut ini, dilansir dari Blog Auto2000, Kamis (6/5):



1. Rotor rem telah menipis
Penyebab kerusakan yang paling sering ditemukan adalah rotor rem telah menipis. Rotor adalah salah satu komponen yang menyusun sistem pengereman mobil, berbentuk lempengan bulat yang menyerupai sebuah cakram dan berungsi menekan pelek mobil saat pedal rem diinjak.

Meski terbuat dari bahan logam yang tahan terhadap panas, rotor pun memiliki kapasitas tertentu. Panas yang disalurkan rem menuju rotor memiliki suhu tinggi sehingga lama-kelamaan dapat mengikis permukaan rotor.

Rotor yang menipis ini membuat komponen lain tidak bekerja normal, hingga akhirnya menimbulkan getaran. Getaran dari rem inilah yang kemudian mencapai setir mobil.

2. Kerusakan pada shockbreaker bagian belakang

Penyebab setir mobil bergetar saat direm juga bisa karena shock breaker bagian belakang mobil mengalami kerusakan. Komponen satu ini berfungsi sebagai peredam kejut.

Dengan adanya shock breaker, maka guncangan-guncangan yang timbul saat mobil melalui permukaan bergelombang pun dapat diredam.

Jika shock breaker mengalami kerusakan, maka segel piston menjadi longgar. Akibatnya, cairan yang ada di dalam silinder pun bocor keluar. Hasilnya, setir mobil pun akan terasa bergetar saat melakukan pengereman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)