Keren, Bugatti Edisi Spesial Adu Kencang dengan Pesawat Jet Incaran Prabowo

Jum'at, 21 Mei 2021 - 14:02 WIB
loading...
Keren, Bugatti Edisi Spesial Adu Kencang dengan Pesawat Jet Incaran Prabowo
Bugatti mempromosikan mobil edisi spesial mereka dengan menggelar lomba adu kencang antara Bugatti Chiron Pur Sport dengan pesawat jet tempur Dassault Rafale. Foto/Bugatti.
A A A
PRANCIS - Dua produk kebanggaan Prancis, mobil sport Bugatti Chiron pur Sport dan pesawat jet tempur Dassault Rafale baru-baru ini menggelar eksibisi adu cepat atau drag race. Aksi keduanya terekam melalui video yang diedarkan oleh Bugatti baru-baru ini.

Diketahui Bugatti Chiron Pur Sport dilengkapi dengan mesin 8.0 liter W16, yang mampu menghasilkan tenaga 1.500 daya kuda dan torsi 1.600 Nm. Sang lawan, Dassault Rafale, di sisi lain merupakan alat tempur kebanggaan Angkatan Laut Prancis. Pesawat itu dilenglapi dua turbojet dari pesawat tempur tersebut mampu menghasilkan daya dorong hampir 58.550 newton, yang setara dengan sekitar 5.727 daya kuda.



Di atas kertas mesin W16 silinder milik Bugatti Chiron Pur Spor mampu mencapai kecepatan tertinggi sekitar 490 km / jam. Tapi sayangnya, jet tempur Dassault Rafale bisa mencapai Mach 1,8, atau sekitar 1.912 km / jam.

Jadi memang Bugatti Chiron Pur Sport memang akan sedikit kewalahan ketika pesawat jet tempur andalan Prancis itu sudah mencapai tenaga puncaknya. Dan hal itu setidaknya terlihat di menit-menit awal video itu berjalan. Bugatti Chiron Pur Sport langsung menggebrak di akselerasi awal. Hanya saja pesawat jet tempur Dassault Rafale langsung terbang ke angkasa dengan kencang.



Memang tidak diperlihatkan siapa yang jadi pemenang. Apalagi Bugatti memang tidak menjadikan video ini sebagai ujian ketangguhan mobil mereka. Video itu dibuat untuk alat promosi mobil edisi terbatas mereka, Bugatti Chiron Pur Sport Les Legendes du Ciel (Sang Legenda Langit).



Keren, Bugatti Edisi Spesial Adu Kencang dengan Pesawat Jet Incaran Prabowo


Mobil edisi terbatas itulah yang dijadikan lawan dari pesawat jet tempur Dassault Rafale. Diketahui Bugatti Chiron Pur Sport Les Legendes du Ciel memang terinspirasi dari kedekatan Bugatti dengan industri pesawat tempur Prancis. Terlebih lagi banyak pebalap Bugatti merupakan pilot pesawat tempur Prancis yakni Louis Bleriot, Robert Benoist, Bartolomeo Costantini dan Albert Divo. Mobil ini sendiri diproduksi terbatas sebanyak 20 unit. Harganya pun fantastis yakni 2,88 juta Euro atau setara Rp48,6 miliar.

Yang tak kalah menarik juga adalah pesawat jet tempur Dassault Rafale. Pesawat jet tempur Prancis ini ternyata tengah dikaji oleh Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto untuk menambah jumlah pesawat tempur di Indonesia. Saat melakukan kunjungan ke beberapa negara, surat kabar La Tribune memberitakan bahwa Menteri Pertahanan Prabowo yang mewakili Indonesia tertarik membeli sejumlah alutsista dari Prancis, antara lain 48 jet tempur Rafale, empat kapal selam Scorpene, dan dua kapal korvet GoWind. Total nilai alutsista tersebut diperkirakan USD25 miliar-28 miliar.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2315 seconds (0.1#10.140)