Wiper Mobil Tiba-tiba Tak Berfungsi, Begini Cara Perbaikinya

Minggu, 23 Mei 2021 - 13:03 WIB
loading...
Wiper Mobil Tiba-tiba Tak Berfungsi, Begini Cara Perbaikinya
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Dinamo pada wiper mobil merupakan komponen yang penting. Tanpa adanya dinamo, wiper mobil tidak akan bisa bergerak.

Namun, ada kalanya komponen wiper mobil mengalami kerusakan. Penyebabnya beragam, mulai dari usia pemakaian, masalah pada sekring, gangguan pada motor penggerak, hingga kebiasaan yang buruk dalam menggunakan wiper.



Tidak perlu panik jika dinamo wiper mobil mengalami kerusakan. Mengutip laman Auto2000, Minggu (23/5/2021), berikut cara memperbaiki dinamo wiper mobil:

1. Periksa sekring wiper

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika dinamo wiper mobil rusak adalah memeriksa sekring wiper. Sebab, dalam kebanyakan kasus, kerusakan dinamo wiper disebabkan oleh sekring yang mengalami gangguan, misalnya korsleting atau bahkan putus.

Korsleting atau gangguan kelistrikan pada sekring akan menyebabkan beban arus listrik yang diterima sekring menjadi tidak stabil. Hasilnya, dinamo pun tidak dapat bekerja dengan optimal. Anda pun tidak bisa menggerakkan wiper secara otomatis. Sebagai cara memperbaiki dinamo wiper mobil akibat masalah ini, gantilah sekring yang mengalami korsleting dengan sekring baru.



Saat mengganti sekring, pastikan besaran ampere, model, dan tipenya memang sesuai untuk wiper mobil Anda. Sekring yang tidak sesuai bisa menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Jika memungkinkan, belilah spare parts resmi yang memang dibuat untuk mesin mobil Anda.

2. Cek gigi motor penggerak wiper
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)